Saturday, April 21, 2012

Danau Toba berhak masuk ke dalam 7 wonders of nature

George Gantino Sidabutar
Danau Toba berhak masuk ke dalam 7 wonders of nature
REP | 26 October 2011 |

Sebenarnya, tujuan saya untuk membuat tulisan ini tidak sekedar mengikuti sayembara. Lebih dari itu, saya ingin bertukar pikiran mengenai Danau (gunung) Toba yang indah dan mengagumkan itu.
Saya adalah putra batak walaupun lahir di Jakarta. Ayah saya lahir di Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah-tengah danau Toba. Kami sering berwisata ke Danau Toba sejak saya masih kecil sampai dengan saya berkeluarga. Pada kunjungan saya beberapa tahun lalu (saat saya masih kuliah), saya sudah menduga, kalau danau Toba itu pasti tidak terbentuk dengan sendirinya menjadi danau. Jangan-jangan ini adalah bagian dari gunung atau gunung berapi. tapi saya tidak tahu harus tanya kemana, karena saudara-saudara saya yang tinggal di sekitar pulau Samosir hanya tahu cerita legendanya saja.

Setelah saya baca Ekspedisi Cincin Api di Kompas, dugaan saya ternyata benar bahwa danau Toba itu adalah kaldera dari sebuah gunung berapi yang sangat besar (mungkin terbesar dan tertinggi di dunia menurut saya) yang pernah meletus beberapa kali dan letusannya 74.000 tahun yang lalu mempengaruhi bahkan mengubah dunia!

Hal mengubah dunia itulah yang membuat saya terkagum-kagum akan ciptaanNya ini. Saya yakin, masih banyak “orang bule” di luar sana yang belum tahu! Mereka membuat voting tentang The New 7 wonders of nature tanpa memasukkan Danau Toba yang hebat itu… what the hell! Inilah yang mendorong saya untuk mengajak saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air untuk menyebarluaskan kemegahan, keindahan dan ke-super-an danau Toba ke seluruh dunia. Super Volcano and super eruption made Lake Toba thousand years ago! Did you know?

Sekarang masalahnya, bagaimana caranya? How to make them aware of Toba? Its existence and its influences to the world? Pemerintah Daerah Sumatera Utara harus berdiri di depan untuk “mencerdaskan” dunia. Salah satunya, buatlah Simposium Dunia (lokakarya) tentang apa dan bagaimana Danau Toba itu. Undang ilmuwan, nara sumber dan peneliti dari seluruh dunia untuk datang ke Indonesia (Sumatera). PEMDASU pasti punya uang dan SDM untuk melaksanakannya. Pasang iklan di internet, CNN, BBC, VOA dan lain-lain. Perbaiki infra strukturnya, sehingga pada akhirnya nanti, geowisata Danau Toba menjadi slaha satu agenda utama para Wisman. Jika diperlukan, sejumlah tanah yang kami miliki di Pulau Samosir akan kami rubah menjadi hotel/penginapan. Saya yakin, Danau Toba sangat berhak untuk masuk menjadi salah satu dari 7 wonders. Bahkan Danau Toba is the most amazing place in the world!


http://unik.kompasiana.com/2011/10/26/danau-toba-berhak-masuk-ke-dalam-7-wonders-of-nature/

No comments:

Post a Comment