Monday, April 30, 2012

Danau Toba Harus Jadi Otorita


Danau Toba Harus Jadi Otorita


2010-12-08
JAKARTA (Waspada): Anggota MPR/DPR-RI dari daerah pemilihan Sumut Jonny Buyung Saragih, SH, MH, mendesak pembentukan otorita Danau Toba sehingga pembangunan kepariwisatawaan Danau Toba dapat fokus dan dilakukan secara utuh dan menyeluruh.

"Jika ingin mengembangkan dan mengelola kepariwisatawaan Danau Toba, hingga benar-benar menjadi daerah tujuan wisata yang menjadi primadona, maka Danau Toba harus dihadle oleh sebuah otorita, " ujar Jonny Buyung Saragih saat diwawancarai Waspada di gedung DPR RI Jakarta, Rabu (1/12).

Danau Toba, kata Saragih, sebagai harta karun titipan Tuhan jangan sampai punah dan tidak membuat makmur masyarakat.

Potensi alam Danau Toba yang besar seharusnya telah memberikan devisa yang cukup besar bagi negara dan membuat masyarakat sekitar Danau Toba makmur.

Danau Toba, jelas Saragih, bukan hanya keindahan alamnya yang menakjubkan, tapi airnya pun memberikan berkah dan mampu menghasilkan arus listrik yang membuat Sumut terang bederang.

Namun, kenyataannya potensi yang dimiliki Danau Toba hingga kini belum terkelola secara baik, sehingga potensi yang ada hanya dinikmati segelitir perusahaan.
Sejarah Danau Toba itu mahal dan tidak bisa dibuat manusia, di mana Danau toba yang terbentuk ribuan tahun lalu dengan letusan gunung yang paling dahsyat di dunia, berpotensi menghasilkan uang melalui kepariwisataan dan PLTA.

Untuk itu, politisi dari Partai Demokrat ini mengajak seluruh elemen masyarakat mejaga, lingkungan Danau Toba.

"Tuhan akan marah jika kita tidak menikmati keindahan Danau Toba, apalagi tidak menjualnya . Sesungguhnya Tuhan sudah membagi bagi rejeki bagi manusia melalui sumber daya alamnya. Intinya, melalui sebuah otorita Danau Toba harus dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Jonny Buyung Saragih.(aya) *http://waspadamedan.com *Gambar : www.asiaexplorers.com


No comments:

Post a Comment