• Puluhan Ribu Benih Ikan Mujahir Ditabur di Danau Toba


    Senin, 7 Maret 2011 | 18:28:41
    Pardamean Sihombing
    Bupati Simalungun, JR Saragih menaburkan benih ikan di kawasan Danau Toba 
    SIMALUNGUN (EKSPOSnews) : Sebanyak 60 ribu benih ikan jenis mujahir ditabur di kawasn Danau Toba, Senin, 7 Maret 2011. Kegiatan ini dilaksanakan Pemkab Simalungun bersama PT Aqua Parm Nusantara, dalam rangka menjaga ekositem perairan Danau Toba. Penaburan  benih ikan ini langsung dilakukan Bupati Simalungun, JR Saragih, bersama Manejer PT Aqua Parm Nusantara, Bambang Kuntoro, dan Mantan Menteri Pertanian, Bungaran Saragih.

    Menurut Bambang Kuntoro, kegiatan penaburan benih ikan di kawasan Danau Toba ini dilakukan setiap 3 bulan sekali dan benih ikan yang ditabur yaitu mujahir sebanyak 60.000 ekor. Hal ini bertujuan untuk menjaga ekosistem Danau Toba dan untuk membantu para nelayan ikan dalam meningkatkan pendapatannya

    Sementara Bungaran Saragih mengatakan,  kegiatan ini harus terus di laksanakan agar potensi ikan yang ada di perairan Danau Toba dapat tetap terjaga. Dia juga menyampaikan apresiasinya terhadap PT Aqua Parm Nusantara yang telah peduli terhadap ekologi Danau Toba ini.

    Bungaran menambahkan, kegiatan penaburan benih ikan ini hendaknya juga dapat dilakukan perusahaan-peruhaan lain, sehingga turut serta menjaga ekositem di Danau Toba ini. Menurutnya, ikan yang berasal dari perairan Danau Toba cukup bagus di mata dunia, dimana  peluang ini harus dimanfatkan dengan baik, sehingga masyarakat bisa terbantu dalam peningkatan kesejahteraannya.

    Bupati Simalungun JR Saragih menyebutkan, kegitan seperti diharapkan tidak hanya dilakukan PT Aqua Parm, namun diikuti perusahaan-perusahaan yang ada di daerah ini. Dikatakan, hal itu bukan hanya sekedar melakukan penaburan benih ikan, akan tetapi perusahaan ini juga dapat menjadi bapak angkat bagi masyarakat khususnya nelayan di Danau Toba.

     “Bila hal ini dapat dilakukan oleh perusahaan lain, artinya pihak swasta juga dapat menjadi mitra pemerintah dalam membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian Danau Toba,” paparnya.

    Bupati juga mengharapkan kepada PT Aqua Parm Nusantara agar memberikan pembinaan kepada nelayan di perairan Danau Tob,a sekaligus menjadi bapak angkat. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat menjaga perusahaan ini dan bermitra dengan baik.

    Kegiatan penaburan benih ini dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Simalungun, seperti Asisten Adminitrasi Umum, Binsar Situmorang, Kadis Perikanan dan Peternakan, Sahat Hutauruk, Kadis Perindag Jhonni Siahaan, Kadis Pertanian Amran Sinaga, Kadis Perhubungan, Gidion Purba,  dan Kepala Bappeda, Wilsan Manihuruk. (ps)


    Sumber: