Monday, April 30, 2012

Tabur 20.000 Ikan Mas Di Danau Toba


Tabur 20.000 Ikan Mas Di Danau Toba


10 Oktober, 2009 | Filed under: Daerah | Posted by: Redaksi
Parapat (Berita):  Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Sumatera Utara menyumbangkan 20 ribu benih ikan mas, yang diserahkan secara simbolik kepada panitia Pesta Danau Toban (PDT) 2009 untuk ditaburkan di Danau Toba.

Ketua Umum PDT 2009, Sujono Manurung di Parapat, Sabtu (10/10), mengatakan, sumbangan benih ikan mas itu, merupakan bentuk partisipasi DKP dalam menjaga ekosistem Danau Toba, terlebih ikan yang hidup di danau.
Menjaga kelestarian ikan di perairan Danau Toba, tentunya juga diharapkan berdampak positif pada ekosistem yang perlu mendapat perhatian serius.
Sujono menyatakan, dahulunya Danau Toba merupakan perairan yang memiliki keindahan dengan kekayaan ikan primadona yaitu ikan mas, sehingga kini harus kembali dilestarikan.

Selain DKP, Bank Indonesia juga turut menyumbang ikan mas sebanyak 10 ribu ekor, ikan-ikan itu juga ditabur di kawasan Danau Toba.
Sujono berharap, semakin banyak pihak yang membantu melestarikan berbagai ekosistem di Danau Toba, sehingga keasrian alam dan sumber hayatinya tetap terjaga.
“Kejayaan Danau Toba sebagai daerah tujuan wisata Sumut yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara harus kita ulang kembali,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Simalungun, Karsel Sitanggang berharap, dukungan untuk menjaga ekosistem Danau Toba, juga datang dari berbagai instansi baik pemerintahan maupun swasta.
Terlebih dukungan dari berbagai dinas sesuai tugas pokok dan fungsi terkait pelestarian lingkungan kawasan Danau Toba seperti, DKP, Peternakan, Dinas Kehutanan, Bapedalda dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga diharapkan, mengalokasikan dana APBD untuk pembenihan ikan di Danau Toba, karena selain ikan mas, dahulu di danau itu terkenal dengan ikan jurung.
Upaya itu diharapkan bisa mengembalikan dua fungsi wisata, yaitu daya tarik wisata memancing dan peningkatan perekonomian para nelayan sekitar danau. (ant)


Sumber:

No comments:

Post a Comment