Friday, April 27, 2012

Promosi Objek Wisata Simalungun Minim


Promosi Objek Wisata Simalungun Minim


Senin, 26 Juli 2010 | 08:10:56

SIMALUNGUN(EKSPOSnews): Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun dinilai belum maksimal mempromosikan daerah tujuan wisata di daerah itu.

Akibatnya,wisatawan yang datang ke Simalungun umumnya hanya mengenal Danau Toba dan Parapat sebagai daerah tujuan wisata.

Ketua Fraksi Golkar Nusantara DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani menilai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun belum mampu mengangkat potensi wisata yang cukup banyak dapat dikembangkan menjadi sebagai daerah tujuan wisata baru.

Politikus dari Partai Golkar itu menyatakan, potensi wisata di Kabupaten Simalungun cukup banyak yang belum dikelola secara maksimal,seperti Rumah Bolon di Kecamatan Purba yang dapat dijadikan wisata budaya. Selain itu, ada juga perkebunan teh di Kecamatan Sidamanik yang dapat dijadikan agrowisata.

”Jika Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun hanya mengandalkan Danau Toba dan Parapat sebagai daerah tujuan wisata di Simalungun,kunjungan wisatawan tidak akan pernah dapat meningkat sehingga promosi dan pengembangan potensi wisata alternatif di daerah ini perlu dimaksimalkan,” paparnya.

Dia menambahkan,dengan banyaknya daerah tujuan wisata di Kabupaten Simalungun, wisatawan bisa memiliki banyak pilihan tempat yang akan dikunjungi seusai mengunjungi Danau Toba atau Parapat sebagai daerah tujuan utama di Simalungun.

Sementara itu,Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Simalungun Simesono Hia mengemukakan, Pemkab Simalungun memang masih kesulitan untuk mengembangkan objek wisata alternatif karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah.Namun,tahun ini,Kabupaten Simalungun menargetkan kunjungan 40.000 wisatawan,baik domestik maupun mancanegara.

Mereka masih menawarkan Danau Toba dan Parapat sebagai daerah tujuan wisata utama. Di samping Danau Toba dan Perapat, objek wisata baru seperti pemandian alam sejuk (PAS) di Kecamatan Gunung Malela dan Rumah Bolon di Kecamatan Puba juga mulai dipromosikan sebagai daerah tujuan alternatif di Simalungun.

”Kabupaten Simalungun masih mengandalkan Kota Turis Parapat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon dengan keindahan Danau Toba-nya,sebagai daerah tujuan wisata di daerah ini, meskipun saat ini ada sejumlah kawasan wisata yang sedang dipromosikan sebagai daerah objek wisata potensial di Kabupaten Simalungun,” paparnya.

Dia menambahkan, selain promosi melalui internet dan eventpameran pariwisata Pemkab Simalungun juga meningkatkan berbagai ajang budaya,seperti Festival Putri Pariwisata dan Pesta Rondang Bittang serta Festival Tarian Tradisional Simalungun. Semua akan dikemas dengan baik sehingga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, untuk program jangka panjang, Pemkab Simalungun merencanakan membangun perkebunan tanaman obat-obatan dan Museum Simalungun serta tempat peristirahatan (guest house) di atas areal 50 hektare (ha) di Pondok Bulu, Kecamatan Dolok Panribuan. (SI)


Sumber:

No comments:

Post a Comment