Friday, May 16, 2014

Kopi Sidikalang, Nikmatnya Luar Biasa

Kopi Sidikalang, Nikmatnya Luar Biasa
 
Jum`at, 6 September 2013 14:10:09 - 432 views
Kopi Sidikalang, Nikmatnya Luar Biasa

Sidikalang adalah nama sebuah Kecamatan di Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Sidikalang juga merupakan ibukota Kabupaten Dairi. Bila dilihat dari topografinya, Kecamatan Sidikalang berada di ketinggian 1.066 meter di atas permukaan laut, yang terdiri dari bukit dan lembah dengan kemiringan yang bervariasi.

Keadaan lingkungan yang masih cukup alami dan serta suhu udara yang sejuk, menjadikan Sidikalang juga dikenal sebagai penghasil beragam hasil bumi yang pemasarannya bukan hanya di daerah sekitar atau di dalam Provinsi Sumatera Utara saja, tetapi juga sampai ke luar provinsi itu.

Salah satu hasil bumi yang terkenal dari Sidikalang adalah kopi. Bisa disebut, kalau berbicara soal kopi Sumatera - bukan terbatas pada Provinsi Sumatera Utara - maka pastilah itu merujuk kepada kopi Sidikalang, atau tak sedikit juga yang menganggap sebagai ikonnya kopi Sumatra. Dari dulu sampai sekarang, kopi Sidikalang kerap disebut rajanya kopi di Sumatra.

Kopi Sidikalang juga telah mampu bersaing dengan kopi Brazil, yang disebut sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Ada dua jenis kopi yang dibudidayakan di Sidikalang, yaitu robusta dan arabika. Luas perkebunan kopi Robusta di Kabupaten Dairi adalah 14.117 hektare dengan produksi sekitar 6.750 ton pertahun. Sedangkan tanaman kopi Arabika di kabupaten itu adalah seluas 5.771,5 Ha dengan produksi sekitar 2.650 ton setiap tahunnya.

Sejak dulu, Sidikalang memang dikenal sebagai penghasil biji kopi Robusta. Kondisi tanahnya yang mendukung juga membuat kualitas kopi Robusta Sidikalang kian disegani. Namun, selama lebih dari satu dekade belakangan, kualitas kopi Robusta Sidikalang perlahan mulai tertandingi seiring dengan naiknya jenis kopi Arabika. Permintaan pasar dari luar negeri terhadap kopi Arabika mulai mempengaruhi pola pikir petani untuk meneruskan pertanian kopi Robusta. Petani pun mulai mengalihkan sebagian lahannya untuk menanam kopi Arabika.

Walaupun demikian, baik jenis kopi Robusta maupun Arabika dari Sidikalang tetap disukai para penggemar kopi. Apalagi nikmatnya terasa luar biasa, setiap kali minum segelas kopi Sidikalang, Robusta atau Arabika sama saja. Sama-sama nikmat.

sumber foto: xs.blogspot.com

http://www.festivaldanautoba.com/view/99/kopi-sidikalang-nikmatnya-luar-biasa.html

No comments:

Post a Comment