Monday, May 12, 2014

GEOKIMIA DAN PEMODELAN SISTEM PANASBUMI LAPANGAN SIBAYAK

GEOKIMIA DAN PEMODELAN SISTEM PANASBUMI LAPANGAN SIBAYAK

Hendy Sujarmaitanto

Sari

Lapangan  panasbumi Sibayak terletak sekitar 65 km ke arah barat daya dari kota Medan. Lapangan panasbumi ini berada didalam kaldera Singkut dan dikelilingi oleh tiga gunungapi, G.Pintau, G.Sibayak dan G.Pratektekan. Stratigrafi bagian bawah daerah ini tersusun dari batuan sedimen berumur pra-Tertier – Tertier, secara tidak selaras ditutupi oleh batuan vulkanik quarter.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dari sistem lapangan panasbumi Sibayak dan mencoba membuat pemodelan sistem panasbuminya berdasarkan data geokimia, data geofisika dan data sumur. Data geokimia yang menjadi objek utama dari penelitian ini adalah data kimia manifestasi. Hasil analisis kimia manifestasi menunjukkan tipe mata air pada lapangan panasbumi Sibayak dapat dikelompokkan menjadi air sulfat pH asam, mata air sulfat pH mendekati netral dan mata air bikarbonat. Sumber panas diperkirakan berasal dari aktivitas vulkanik G. Sibayak.

Batuan penudung pada lapangan panasbumi ini diperkirakan berasal dari batuan vulkanik dengan ketebalan hingga + 1100 meter sedangkan batuan yang menjadi reservoir diperkirakan berasal dari batuan sedimen. Reservoir panasbumi Sibayak berada dalam fasa cair dan tergolong ke dalam sistem dominasi air dengan temperatur berkisar 237 – 2810 C. Lapangan panasbumi Sibayak termasuk ke dalam sistem panasbumi hidrothermal vulkanik, tipe island – arc.


Berdasarkan hasil penelitian, zona upflow dari sistem lapangan panasbumi Sibayak berada di sekitar puncak kawah Gunung Sibayak sedangkan zona outflow berada di sekitar kaldera Singkut, di sebelah tenggara Gunung Sibayak.


Sibayak geothermal field it is located about 65 km southwest of Medan. This geothermal field lies inside the Singkut caldera and is surrounded by three volcanoes, Mt. Pintau, Mt. Sibayak and Mt. Pratektekan. The Quaternary volcanic formation in the upper part is unconformable overlying pre-Tertiary to Tertiary sedimentary formations.



The purpose of study is to figure out the characteristics of the Sibayak geothermal system and try to model it’s geothermal system based on geochemical, geophysical and well data. Geochemical data which is the main object of this study are manifestations chemical data. The analysis results showed the type of the spring in this field can be divided into three type of water, sulphate acid pH, sulphate near neutral pH and bicarbonate. The heat sources is predicted come from the volcanic activity of Mt. Sibayak. The cap rock in this field is predicted from the volcanic formation with a thickness up to + 1100 meter whereas the reservoir is predicted  from the sedimentary formation. The sibayak reservoir is water phase and classified to water dominated system


Sumber:
http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1093

No comments:

Post a Comment