Monday, May 12, 2014

Kementerian ESDM Tetapkan Simbolon-Samosir sebagai WKP Panas Bumi

Kementerian ESDM Tetapkan Simbolon-Samosir sebagai WKP Panas Bumi

Sebanyak sembilan  Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Panas Bumi yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia sudah ditetapkan. Pihak Kementeriam Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) akan melelangnya pada tahun ini.
Demikian disampaikan oleh Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Sugiharto Harsoprayitno saat mengikuti acara  Indo Geothermal di Hotel Bidakara, Jakarta, akhir Maret lalu..
"Dalam rangka mendukung Visi Energi 25/25, Kementerian ESDM pada tahun ini akan menetapkan 9 wilayah yang berpotensi panas bumi menjadi WKP Panas Bumi," katanya.
Dia melanjutkan, bahwa kesembilan wilayah tersebut memiliki cadangan diperkirakan sebesar 1.334 MW dan diharapkan dapat dilelang dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Sembilan WKP Panas Bumi yang siap dilelang tersebut adalah Bonjol, Gunung Endut, Danau Ranau, Ciremai, Mataloko, Simbolon-Samosir, Sembalun, Telomoyo, Wai Ratai.
"Seperti kita ketahui, diharapkan sumber energi panas bumi dapat memberikan kontribusi sebesar 12.000 MW sampai tahun 2025 (mengacu ke Visi Energi 25/25). Itu sama dengan kapasitas terpasang bagi pembangkit listrik sekitar 800 MW tiap tahun," ucapnya.

(dtc/raff)
 
Sumber:
http://www.samosirkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=367%3Aair-panas-simbolon-samosir-ditetapkan-sebagai-wkp-panas-bumi-&catid=49%3Aberita&Itemid=85&lang=id 

No comments:

Post a Comment