Saturday, April 21, 2012

Pembangunan Geopark Danau Toba di Samosir Dimulai 2012

Friday, December 9, 2011
Pembangunan Geopark Danau Toba di Samosir Dimulai 2012

PANGURURAN, ITM- Masterplan pembangunan geopark Danau Toba diperkirakan akan selesai pada akhir 2011, dan anggaran Rp20 miliar dengan lahan seluas 22 hektar dipersiapkan untuk pembangunan itu di Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Menurut Kabag Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir Gomgom Naibaho di Pangururan, Jumat (9/12), taman geopark itu sebagai lokasi untuk etalase Danau Toba yang berisi antara lain miniatur mencirikan keunikan Danau Toba dan budaya Batak.

Disana juga akan dilengkapi gedung teater sebagai media untuk menggambarkan proses meletusnya gunung yang menghasilkan kaldera hingga terbentuknya danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia tersebut.

“Masterplan geopark harus selesai akhir 2011 ini, selanjutnya pada 2012 pembangunan taman bumi sebagai etalase Danau Toba untuk memamerkan berbagai keunikan budaya tersebut akan direalisasikan, mengingat potensi kawasan dimaksud cukup tepat dijadikan sebagai wisata bahari,” kata Gomgom.

Geopark merupakan lokasi yang terbentuk dari rangkaian proses pembentukan bumi yang terjadi ribuan tahun lalu dan lokasi seluas 22 hektare yang sudah ditentukan tersebut akan dikelola sebagai konservasi alam dan menjadi kawasan pariwisata. Untuk langkah realisasinya, Pemkab Samosir telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta melalui kesepakatan untuk melakukan pengkajian dan penerapan teknologi bagi penelitian geologi, untuk diajukan sebagai jaringan Geo Park dunia.

Penandatangan kesepakatan itu, langsung disaksikan Kepala BPPT Marzan A Iskandar di Gedung BPPT Jakarta pada 30 November 2011. Kesepakatan tersebut mencakup pengkajian dan penerapan serta pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah, dengan tujuan pengembangan pemanfaatan potensi wilayah melalui peningkatan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembaga setempat. (itm-22)


http://indonesiatourismmonitor.blogspot.com/2011/12/pembangunan-geopark-danau-toba-di.html

No comments:

Post a Comment