Sunday, April 22, 2012

Mulai 2012 Danau Toba Digarap Serius

Jum'at, 09 Desember 2011 , 05:03:00
Mulai 2012 Danau Toba Digarap Serius

JAKARTA -- Pengembangan Danau Toba sebagai kawasan industri wisata andalan Sumut akan digarap secara lebih terencana mulai 2012. Bupati Samosir Mangindar Simbolon menyebutkan, perencanaan pengembangan Danau Toba mulai 2012 melibatkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, selain tentunya pemda-pemda di sekitar Danau Toba.

"Kementrian Pariwisata sudah punya Rencana Terpadu Menyeluruh untuk pengembangan Danau Toba, mulai 2012. Ini rencana aplikatif, bukan hanya teori," ujar Mangindar saat ditemui JPNN di sela-sela menghadiri acara di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Kamis (8/12). Mangindar sendiri menjadi ketua Lake Toba Regional Management, yang anggotanya para bupati/walikota di sekitar Danau Toba.

Sebelumnya, saat acara Konperensi Pariwisata Nasional, Senin (5/12), Mangindar merasa senang karena perhatian pusat cukup baik kepada Danau Toba. Disebutkan, untuk tahun depan saja, APBN melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menganggarkan Rp20 miliar untuk Danau Toba. Dana ini antara lain untuk menyusun master plan pembuatan geopark yang harus sudah kelar akhir 2011 ini.

Selanjutnya, pada 2012 sudah mulai dibangun atalase sebagai tempat untuk memamerkan keunikan-keunikan Danau Toba. Pemkab Samasir sudah menyediakan lahan 22 hektar untuk pembangunan atalase ini.

Terkait Pesta Danau Toba (PDT) yang mendapat sorotan banyak pihak karena dinilai tidak efektif, Mangindar tidak membantahnya. Hanya dia mengatakan, PDT hanya puncaknya saja. Di tingkat kabupaten/kota se-Sumut, sebelum pesta puncak, sudah digelar pesta budaya. Jadi, katanya, PDT sudah melibatkan masyarakat luas.

Pesta budaya di tingkat kabupaten/kota ini, lanjutnya, dianggap penting. Alasannya, selain memacu Danau Toba sebagai icon wisata Sumut, masalah pelestarian budaya tetap harus beriringan.

"Pesta Danau Toba nantinya hanya menjadi salah satu bagian saja dari Rencana Terpadu Menyeluruh. Bisa saja nanti Pesta Danau Toba cukup dua atau tiga tahun sekali, tapi boleh juga sekali setahun," cetusnya.

Namun, dia punya kritikan juga terhadap PDT yang digelar 27-30 Desember 2011 mendatang. Pertama, acara PDT dari tahun ke tahun panitianya selalu berganti. Akibatnya, kekurangan pelaksaan tahun sebelumnya tidak diketahui panitia saat ini. "Orangnya berubah-ubah, jadi tak ada perbaikan," cetusnya.

Kedua, pelaksaan yang tidak bertepatan dengan libur anak sekolah, dianggap tidak efektif. "Mestinya di hari libur, sehingga anak-anak sekolah yang dari Jawa pun bisa hadir," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumut, Parlindungan Purba, mengatakan, pemilihan tanggal pelaksanaan, yakni 27-30 Desember, juga sudah melalui pertimbangan yang matang. Yakni, bertepatan dengan masa Natal. "Akan banyak yang pulang kampung, sekalian nostalgia ke Danau Toba," ujar Parlindungan yang juga Penasehat PDT 2012 ini. (sam/jpnn)



http://www.jpnn.com/read/2011/12/09/110663/Mulai-2012-Danau-Toba-Digarap-Serius-

No comments:

Post a Comment