Thursday, October 23, 2014

Konser 40 Tahun Karya Dakka Hutagalung Akan Digelar di Jakarta

Konser 40 Tahun Karya Dakka Hutagalung Akan Digelar di Jakarta

Minggu, 9 Oktober 2011 | 21:56:39
JANSEN
Rekson Silaban dan Marim Purba yang akan menggelar konser Dakka Hutagalung

PEMATANGSIANTAR (EKPOSnews) :
 Sebagai penulis lagu - lagu batak, nama Dakka Hutagalung (63) sudah tak asing lagi. Meskipun lagu-lagu ciptaannya begitu terkenal, namun kehidupan pria yang lahir di Pahae Tapanuli Utara (Taput) masih jauh dari sejahtera.

Inilah yang melatarbelakangi Kelompok Pecinta Musik Daerah menggelar konser 40 tahun karya Dakka Hutagalung. Konser ini akan digelar pada Sabtu 19 November 2011, di Airman Planet Hotel Sutan Jakarta.

Menurut Rekson Silaban selaku Executive Producer, didampingi Marim Purba, sebagai Art Director dalam konser ini menjelaskan, dedikasi pihaknya memberikan semangat bagi pemusik dari daerah yang tak mendapat tempat di kancah musik nasional. Ini diawali dari Dakka Hutagalung yang selama sudah 40 tahun berkarya, dengan menuliskan sekitar 400 buah lagu yang bukan hanya berbahas Batak, tapi juga Indonesia yang dinyanyikan artis nasional.

"Sosok Dakka sebagai penulis lagu Batak paling top dan pola hidupnya sederhana. Musik daerah khususnya Batak akan mati, karena pencipta lagunya tak sejahtera," ujar Rekson, Sabtu 9 Oktober 2011.

Menurut Rekson, dalam acara itu pihaknya akan memberikan penghargaan pada Dakka, termasuk hasil konser itu. Uniknya, show ini terbatas tanpa dipunggut biaya, serta mengundang tokoh Batak seperti Akbar Tanjung, Cosmas Batubara, dan Bungaran Saragih.

"Siapa saja yang berkenan bisa memberikan sumbangan agar acara sukses dan secara materil membantu Dakka. Jika ini sukses, akan kembali kita digelar di Medan," paparnya.

Saat ini Dakka Tinggal di Tangerang, dan memiliki anak enam orang. Namun Dakka masih ngontrak, dan kehidupannya sederhana. Sosok Dakka dikenal idealis, dan tak mau memberikan lagu pada artis yang sudah, termasuk mencari penyanyinya sesuai karakter lagu.

Rekson menilai, ada keistimewaan Dakka bisa menciptakan lagu, dimanapun dirinya sedang berada, dan melambungkan seseorang yang menyanyikannya. Seperti Julius Sitanggang dengan lagu 'Maria', Rita Butar - butar, 'Didia Rokkapi', dan Robin Panjaitan 'Sonata yang Indah'. Selain menulis lagu, Dakka yang bersekolah SD, SMP, dan SMA di Medan itu juga dulunya membentuk grup Trio Golden Heart (sering disebut Beatles Batak), serta sudah menghasilkan 20 album. Dakka juga dinilai telah memberikan warna dalam sejarah permusikan Batak, dan hingga saat ini masih tetap diterima masyarakat.

"Kita berharap pada fans Dakka diundang datang ke Jakarta untuk menyaksikan konser ini. Acara ini sebagai bentuk keprihatinan terhadap musisi batak, dan apresiasi bagi komponis yang tak banyak didapat dari publik," sebut pria berkumis tipis ini.

Sementara Marim Purba menilai, Dakka penulis notasi yang handal bukan imagisional, seperti lagu 'Tabahlah Mama' dengan konsep slowbeat. Mantan Wali Kota Pematangsiantar ini menuturkan, Dakka telah menulis ratusan lagu, namun sering tak didokumentasikan dengan baik.

Marim juga menambahkan, akan menuntaskan tulis buku mengenai Dakka Hutagalung yang ditulis Antoni Antra Pardosi, sekitar 15 tahun lalu. Namun, buku itu belum sempat dicetak, dan menurutnya ini akan dituntaskan pihaknya bekerjasama dengan Antoni.

Uniknya, Marim menilai Dakka menciptakan lagu -lagu itu sejak di hijrah ke Jakarta. Dimana lagu yang dibuatnya mengekspresikan budaya Batak (Habatakon). Marim menambahkan, banyak ciptaan lagu Dakka, namun yang terdeteksi hanya 200 lagu, akibat tak didokumentasikan.

Dirinya berharap dengan konser itu nantinya komunikasi diantar komponen di Sumut yang sedikit 'terganggu' dapat  ada masa jeda. Artinya dengan musik Dakka bisa disatukan dan tercipta visi baru untuk membqngun Sumut yang baik.
Marim mengaku, sering lagu ciptaan Dakka ditransfer ke bahasa Indonesia menjadi booming, termasuk penyanyinya.

Keduanya mengatakan, kegiatan ini akan tetap berlanjut dilakukan pihaknya untuk memberikan apresiasi pada penulis lagu - lagu daerah. Seniman selanjutnya direncanakan dari seluruh Indonesia, seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Ambon, dan daerah lainnya.

Dalam konser ini, lagu ciptaan Dakka akan dibawakan penyanyi seperti Joy dan Jelita Tobing, Amigos Band, Silaen Sister, Lamtama Trio, Maria Mamamia Pasaribu, Style Voice, Dipo Pardede, dan The Heart (Simatupang Sister). Termasuk dimeriahkan uning - uningan gondang Batak dari Poster Sihotang dkk. (js)

Sumber: 
http://eksposnews.com/view/2/27242/Konser-40-Tahun-Karya-Dakka-Hutagalung-Akan-Digelar-di-Jakarta.html#.VEkZDSKUdVE

No comments:

Post a Comment