Thursday, October 9, 2014

Rumah Gerga di Tanah Karo

Rumah Gerga di Tanah Karo
 
Rumah Gerga di Tanah Karo
Rumah Gerga di Tanah Karo
Rumah gerga adalah rumah tradisional khas Karo . Saat ini, rumah gerga sudah tidak banyak lagi jumlahnya. Salah satu rumah gerga yang masih berpenghuni berada di Desa Lingga. Rumah ini dihuni oleh beberapa keluarga bersama-sama. Dahulu, yang tinggal di rumah ini bukan orang sembarangan. Hanya keturunan raja yang boleh tinggal di rumah gerga ini.
Rumah gerga khas Karo
Rumah gerga khas Karo
Desa Lingga
Desa Lingga terletak sekitar 5 km dari Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Tanah Karo. Desa ini sering menjadi tujuan wisata bagi banyak orang yang datang ke Tanah Karo. Di desa ini ada beberapa rumah tua khas Karo yang masih dihuni oleh beberapa teman kita dari keluarga Tarigan. Ada juga Museum Lingga Karo yang melestarikan barang-barang budaya Karo.
Jendela rumah gerga
Jendela rumah gerga
Masuk Menunduk
Untuk memasuki rumah yang bertiang cukup tinggi ini, kita harus melewati tangga bambu. Setelah itu, kita akan bertemu dengan pintu yang tidak terlalu besar, hanya sebesar jendela. Kita harus menundukkan kepala ketika memasuki bagian dalam rumah. Itu sebagai simbol kalau kita menghormati orang yang ada di rumah tersebut. Bagian dalamnya adalah ruangan luas yang menjadi ruang tamu, ruang makan dan ruang tidur sekaligus.
Tungku Masak = Pengawet
Di dalam rumah gerga ini terdapat beberapa tungku untuk memasak. Tungku ini digunakan untuk
Bagian dalam rumah gerga
Bagian dalam rumah gerga
memasak dengan kayu bakar. Kayu bakar disimpan di bagian atas tungku. Masing-masing tungku digunakan bersama-sama oleh 2 keluarga.
Asap dari tungku api memang membuat bagian dalam rumah ini terkesan gelap. Sangat berbeda dengan bagian luarnya yang dicat dan diukir dengan aneka simbol. Namun, asap inilah yang justru menjadi pengawet bagi rumah gerga ini. Serangga dan udara lembab akan terusir oleh asap dan tidak akan merusak rumah yang terbuat dari kayu itu. Selama masih ada yang tinggal di dalam rumah dan menggunakan tungku, rumah ini akan tetap lestari.
Saat ini, sudah tidak banyak lagi orang yang mau tinggal di rumah gerga ini. Kalau kamu bagaimana? Apakah kamu mau tinggal di rumah gerga?
Baca juga: Rumah Tradisional Lebih Tahan Gempa.
Foto: Sylvana Toemon
Rumah gerga yang sedang diperbaiki
Rumah gerga yang sedang diperbaiki
Bagian bawah rumah gerga
Bagian bawah rumah gerga
Bagianluar rumah gerga
Bagianluar rumah gerga


Sumber:
http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/Bobo-File/Rumah-Gerga-di-Tanah-Karo

No comments:

Post a Comment