Sunday, October 26, 2014

Komentar Terhadap Buku "Damanik Pewaris Kerajaan Nagur"

Komentar Terhadap Buku "Damanik Pewaris Kerajaan Nagur"

Bagi saya ini adalah buku yang luar biasa, karena sanggup memberikan kronologi raja-raja Nagur, yakni sesuatu yang saya cari-cari selama ini.

Adapun urutan raja-raja Nagur (Parpandanan Na Bolag) menurut buku tersebut adalah sebagai berikut:

1.Marah Batta
2.Maratilu
3.Soritilu
4.Sorialam
5.Marasilu
6.Sarmahata
7.Tuan Anggi Rahatdipane (pemangku)
8.Sormaliat
9.Anas Bondailing
10.Pakpak Mularaja
11.Timoraja
12.Tomjam
13.Lelo Damanik
14.Sangmalam Damanik
15.Sangmajadi Damanik
16.Sangmahiou Damanik

Di halaman 79 disebutkan bahwa Sangmahiou Damanik memiliki saudara bernama Jigou, yang kelak mendirikan Kerajaan Dolog Silou. Padahal setahu saya raja-raja Dolog Silou bermarga Purba Tambak dan bukan Damanik. Apakah di sini terjadi pergantian marga? Inilah yang menjadi pertanyaan saya.

Lalu di halaman 76 disebutkan bahwa "berdasarkan informasi yang diketahui, keturunan Nagur hingga kini sudah mencapai 37 generasi.." Ada catatan kaki 185 yang menyebutkan: "Informasi dimaksud dikemukakan oleh Sudiaman Sinaga (59 tahun) yang memiliki kemampuan indra keenam di Kuala Tanjung." Apakah ini berarti bahwa informasi tersebut didapat melalui indra keenam? Apakah ini valid? Dapatkah sejarah diperoleh dengan metoda semacam itu?

Demikian pertanyaan saya. Tetapi secara umum saya mengatakan bahwa buku ini cukup menarik.


Sumber:
https://id-id.facebook.com/notes/ivan-taniputera/komentar-terhadap-buku-damanik-pewaris-kerajaan-nagur/10150279064096942

No comments:

Post a Comment