Sunday, October 19, 2014

Aerkeologi Medan Temukan Fosil Manusia Usia 5000 Tahun Lalu

RABU, 21 MEI 2014 | 19:16:51
Aerkeologi Medan Temukan Fosil Manusia Usia 5000 Tahun Lalu

Matatelinga - Medan, Badan Aerkeologi Medan baru baru ini temukan kerangka manusia berusia lima
ribu tahun, kerangka ini diyakini sebagai Manusia pertama penghuni pulau Sumatera bagian Utara, fosil manusia ini juga memiliki kesamaan anatomi bentuk dengan fosil manusia yang ditemukan di Papua.


Fosil kerangka manusia berumur lima ribu tahun ditemukan dikawasan bukit kerang kecamatan sukajadi kabupaten langkat Sumatera Utara. Kerangka Manusia ini ditemukan utuh di kedalaman belasan meter.

Penelitian ini merupakan temuan baru setelah sebelumnya menemukan kerangka manusia berusia tujuh ribu empat ratus tahun lalu dikawasan aceh tengah takengon.

Namun diyakini juga memiliki ras berbeda  yang baru ditemukan ini rasnya biasa disebut peneliti adalah ras Astromeanlistik atau sama dengan ras kerangka manusia yang ditemukan di papua dengan ketinggian manusia 170 cm.

Menurut salah seorang staf peneliti badan aerkeologi medan Taufikurrahman Setiawan, banyak data yang masih belum terungkap yang masih dalam penelitian.

Setelah 9000 tahun ditemukan pertama di aceh tengah  baru baru ini ditemukan lagi di kawasan bukit  kerang Kecamatan Sukajadi kabupaten Langkat Anatomi Fosil kerangka manusia ini tidak jauh berbeda dengan
kerangka manusia modern, namun sedikit lebih memiliki kesamaan dengan fosil kerangka manusia yang ditemukan dipapua.

Taufik juga menyatakan  dari data sementara penguhuni awal Sumut, belum bisa diketahui berasal dari etnis mana, beberapa data dari temuan kerangka manusia di sumatera menunjukkan bahwa hasil test dna memiliki kesamaan.

Namun yang aneh dan unik posisi penguburannya berbeda beda/ yang baru baru ini penguburannya ditemukan dalam posisi terlentang dan ditindih batu besar sebagai tanda makam. Kemudian arah penguburan mengarah timur kebarat bukan Utara Selatan.

Tim Aerkeologi juga menemukan peralatan yang digunakan manusia lima ribu tahun lalu untuk alat memotong seperti kapak sumatralit dari batu kemudian dan benda benda pecah belah yang diyakini digunakan untuk keberlangsungan hidup.


(Mt-01)

Sumber: 
http://matatelinga.com/view/Berita-Sumut/11122/-Aerkeologi-Medan-Temukan-Fosil-Manusia-Usia-5000-Tahun-Lalu.html#.VEOBWSKUdVE

No comments:

Post a Comment