Tuesday, May 1, 2012

OBJEK WISATA LAE SIMBILULU PAKPAK BHARAT ANTARA MITOS DAN KEINDAHAN ALAM


OBJEK WISATA LAE SIMBILULU PAKPAK BHARAT ANTARA MITOS DAN KEINDAHAN ALAM


Salak,pakpakonline.
Objek Wisata Lae Simbilulu yang berada di Desa Prongil Julu Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat memiliki daya tarik yang cukup menawan para pengunjung. Walaupun dengan keadaan alam yang belum mendapat polesan oleh tangan manusia objek wisata yang memiliki nilai mistis menurut berita turun temurun ini cukup menantang para pengunjung yang kerap datang ke lokasi itu.

Perpaduan antara keindahan alam hutan saya dengan air terjun yang mencapai 100an meter itu memiliki kisah mistis yang seringkali menjadi salah satu daya tarik yang ingin mencari kebenaran yang dikandung dalam cerita itu. Konon ceritanya di air terjun dengan genangan air seluas sekitar seperempat lapangan bola itu dihuni oleh seekor Kepiting (Bhs Pakpak= Sige) yang merupakan peliharaan oleh penunggu air terjun yang dipenuhi oleh bebatuan berwarna hitam itu. Kepiting yang pada pemahaman lama itu jika ia menunjukkan diri kepada manusia yang datang ke lokasi tersebut akan sakit ataupun mengalami hal hal aneh melalui mimpi. Demikian juga jika seseorang pendatang ataupun pengunjung merusak atau mengungkapkan kata kata secara sembarangan maka ia akan mengalami hal-hal yang berbau mistis seperti sakit dan mimpi-mimpi buruk. Cerita yang tidak diketahui sejak kapan dan kapan terjadi itu tinggal hanya berita dan mitos belaka sebab hingga saat ini tak seorangpun yang pernah mengalami dan melihat dari apa yang terdapat dari cerita itu.

Kini Objek Wisata Lae Simbilulu yang selalu ramai didatangi oleh pengunjung baik kalangan muda maupun para orang tua dan keluarga itu semakin indah dan ramai dikunjungi. Cerita yang menyeramkan itu seolah olah menjadi bumbu dalam memperindah suasana kunjungan ketempat itu. Suasana nyaman, segar dan alami akan terasa menyelimuti pengunjung selama berada dilokasi yang masuk ke puncak perut bukit itu.

Untuk memperindah serta melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dilokasi itu kiranya pemerintah daerah Kabupaten Pakpak Bharat dapat memberikan perhatian dan pos kecil anggarannya untuk pembenahan lokasi tersebut. Sehingga wacana pembentukan dinas kebudayaan dan pariwisata yang sedang dibangun oleh pemkab Pakpak Bharat saat ini untuk di Perdakan Dapat semakin memperkuat alasan pentingnya Bidang tersendiri yang menangani masalah budaya dan pariwisata yang memang sudah dibutuhkan di Pemerintahan Kabupaten Pakpak Bharat. (SBM)


Sumber:

No comments:

Post a Comment