Tuesday, May 22, 2012

Di atas danau ada danau (Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang)


Di atas danau ada danau (Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang)

Danau toba, siapa yang tak kenal danau toba? Pulau Samosir, siapa yang tak kenal keunikan pulau di tengah danau Toba itu? Pulau di atas pulau. Tapi mungkin banyak orang yang tak mengetahui hal yang tak kalah ajaibnya dari danau Toba ini, yaitu ada 2 danau kecil yang terdapat di Pulau Samosir. Dijuluki dengan nama “Danau di atas Danau“.Penjelasannya berikut ini :
Danau Sidihoni
Danau Sidihoni terletak di Kecamatan Pangururan, Pulau Samosir.Air danau ini sering berubah warnanya, dan oleh penduduk setempat perubahan warna ini dihubungkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia.
Danau Sidihoni berjarak 8 kilometer dari Pangururan ini cukup indah. Pemandangan di sekitar danau bisa dipantulkan oleh air danau. Dikelilingi oleh bukit landai berwarna hijau muda dan deretan pohon pinus, semakin menambah keindahan. Sayang, danau berair jernih ini belum dikelola dengan baik.


Sebagian besar penduduk di sekitar danau masih memanfaatkan airnya untuk fasilitas “mandi cuci kakus” (MCK). Terbatasnya sarana prasarana transportasi juga membuat obyek wisata ini jarang mendapat kunjungan wisatawan
.
Danau Sidihoni bukan satu-satunya danau di Pulau Samosir, ada sebuah danau lagi yang lebih kecil dari Danau Sidihoni di pulau ini yang bernama Danau Aek Natonang.
Danau Aek Natonang
Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Aksesibilitas ke danau seluas 105 hektar ini juga kurang baik. Ditambah minimnya sarana prasarana pendukung, membuat Danau Aek Natonang tidak mendapat kunjungan wisatawan dan direncanakan sebagai areal Hutan Wisata.










Sumber:
http://indoparsada.blog.com/2012/01/21/di-atas-danau-ada-danau-danau-sidihoni-dan-danau-aek-natonang/

No comments:

Post a Comment