Tuesday, May 15, 2012

Makanan Pakpak

Setiap suku atau etnis pasti ada ciri khas yang mencerminkan kebudayaan tertentu. Baik dari makanan, pakaian, rumah adat, kesenian bahkan kepercayaan dan lain-lain. Demikian juga dengan suku pakpak, namun dibawah ini saya hanya menulis jenis makanan dan minuman dari khas pakpak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nakan Pelleng
Merupakan makanan khusus bagi suku pakpak. Bahan bakunya ; Beras, Air, Garam , Kunyit, Asam, Cabe, Santan yang digongseng, Bau-bauan dan daging ayam. Nakan Plleng untuk pakpak Keppas dan Pegagan sedikit berbeda, yaitu nasi yang lembek dan nasi yang agak keras.

2. Ginaru ncor
Merupakan makanan khusus bagi suku pakpak, yang bahan terdiri dari beras mening ( beras yang terpotong-potong/ menir), sayur-sayuran antara lain; daun labu (bulung roroh), daun paria, bayam, leuh, daun ubi jalar ( gadong jolor), daun kacang panjang yang masih muda, bunga labu, buah labu kecil, bau-bauan, kumange, garang-garang dan tomat kampung (randat). Adakalanya ditambah dengan buah kayu disebut ntarsa, juga dicampur dengan ayam yang di iris kecil dan petai.

3. Nditik
Nditak dibuat dari bahan beras yang sudah dihaluskan atau tepung beras. Bahan-bahanya terdiri dari; gula merah, kelapa yang muda, dan lada. Nditak dkepal dengan tangan hingga membentuk kue dengan gambaran jari.

4. Nakan Ngersing
Biasanya nasi dimasak dengan kunyit, dan lauknya telur yang direbus. Lajimnya dipakai pada upacara adat yang ada hubunganny dengan pertanian atau persilihi (tolak bala).

5. Pola Tangkesan
Enau atau aren yang diasamkan atau dibuatkan raru hingga rasanya asam pahit atau sering disebut dengan tuak..

6. Pola Ntenggi
Enau atau aren yang masih manis rasanya.

7. Lae Tebu
Merupakan Air tebu yang diperas, diminum dengan madu.

8. Tenggoli
Tenggoli berasal dari madu lebah, sering digunakan untuk obat batuk didesa- desa juga sering digunakan untuk campuran minuman dan makanan.

Untuk cara pembuatan makanan khas pakpak, sengaja tidak dibuat karena pengetahuan saya peroleh kurang mencukupi. Oleh sebab itu bagi pembaca mohon bantuannya untuk memberi proses pembutannya.
lias ate..




Sumber:
http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=435826419762158&id=379160838762050

No comments:

Post a Comment