Tuesday, May 22, 2012

SUATU CATATAN PERJALANAN DILAUT CINA DALAM BAHASA ARMENIA



SUATU CATATAN PERJALANAN DILAUT CINA DALAM BAHASA ARMENIA
Keram Kevonian

            Teks berbasa Arnenia yang diperkenalkan disini dikutip dari sebuah buku kumpulan catatan perjalanan berjudul “ nama kota-kota india dan kawasanpinggiran Persia yang dikenal melalui 8 buah naskah. Dalam sebuah artikel yang diduga ditulis pada akhir abad ke- 6 atau awal abad ke-7 yang merujuk pada nama geografi , penulisannya masih belum dapat diketahui, berdasarkan bahasa Armenia yang di sebut Tengah dan tahun naskah tertua (A) mungkin penulisannya hidup pada masa antara abad ke- 11 dan 13 M, maka teks nya berasal dari zaman Cilicia.

NAMA KOTA-KOTA DI INDIA DAN KAWASAN PENGGIRAN PERSIA
         
            Negeri Bumi Emas dinamakan Reminazer karena menghasilkan emas debanyak yang diinginkan, kota pertama dan pelabuhan pertama adalah Lambre disini terdapat kayu sapang, dan barang berharga lainnya. Dari sini Orang berangakat  menuju Pant’chour yaitu kota dan pelabuhan yang ramai sekali, mengeluarkan Kamper bermutu, berdekatan dengan Lamri terdapat sebuah tempat asal dirangkainya manik-manik yaitu K’routi.
            K’roudayi adalah kota besar dan didekatnya ada sebuah pelabuhan bernama Samwi yang luasa dan ramai, dibawahnya terdapat pelabuhan bernama Poure yang banyak mengeluarkan barang berharga, dibawah pelabuhan ini terdapat pelabuhan P’anes yang bnyak mengeluarkan kamper, dan dibawahnya terletak sebuah kota yang bernama Lewang yang mengeluarkan kamper
Dibawah pelabuhan  Lawang terdapat Playoy yang didiami oleh raja bumi emas.Orang-orang yang tinggal ditempat ini dinamakan oran Zabedj yanitu penyembah berhala dan mereka ini bukan orang India, mereka ni memakan mayat saudara- saudara mereka sendiri.
            Rambi adalah sebuah pelabuhan,dan dibawah tempat ini ada sebuah pelabuhan lain, yang dipelabuhan ini terletak sebuah kota bernama “ P’ant’chi di dekatnya terdapat sebuah pulau lagi yang banyak menghasilkan timah dari pelabuhan tersebut dan disana ditemukan barang yang berharha untuk raja-raja, didekat pelabuhan ini terdapat Yala, Kala, dan Kakoule yang merupakan kota, pelabuhan dan negeri dari bumi emas serta bangsa-bangsa Zabedjd sebagai penghuninya.
.
1.      Oske Getin atau Oskegetin
         
Oske Getin merupakan terjemahan dari bahasa Sanskerta Suvarnabumi “ bumi emas” yang dapat dibandingkan dengan suparnadvipa “pulau emas” , debuah nama tempat yang pernah diidentifikasikan sebagai Ceylon akibat kekeliruan diantara transkripsi Arab.
            Asal- usul nama  bumi emas, yaitu Reminanzer yaitu “ karena banyak emas yang diperoleh darinya, sebab dalam Armenia Oske getin berarti ( oski “emas”, getin “bumi”) Istilah rminanzer dari Iran dan tentu saja sama dengan istiah Zamin (e) zar dalam bahasa Persia terdiri dari  Zamin “ bumi”, dan zar “emas”.Oske getin merupakan terjemahn dari bahasa Arab, Yunani, atau Syria atau merupakan istilah dari bahasa Armenia asli.Perubahan menjadi Reminanzer karena huruf Arab ze dibaca  menjadi “re” karena  titik nya terlupa, namun anehnya penulisnya pun kurang pandai berbahasa Persia.

2.      Zapetch (sic) zabejd
         
             Istilah ini menamakan penduduk bumi emas dan merujuk kepada istilah Zabdj yang dalam istilah Arab berarti istilah ini diperuntukkan bagi kemaharajaan, yaitu maha raja Sailendra
Ibn Khordabih (848) tahu bahwa maharaja adalah nama raja Zabedj yaitu emas termasauk kedalam penghasilannya dan daerah dibawahnya mengahasilkan kamper.
            Dalam istilah Armenia Zabejd berarti Raja orang Zabejd yang bersemayam disebuah kota    di selatan, Zabejd juga merupakan transkripsi langsung dari suatu bahasa yang ditutur oleh pera pedagang laut dari timur dekat dan Armenia dan Arab menyebabkan Zabejd terbaca dengan bunyi b dan dj, sedangkan transkripsinya Zapetch yang banyak di jumpai dalam teks transkripsi adalah klasik, sebaliknya huruf mati p dan tch merupakan transkripsi bersuara, mengikuti ejaan bahasa Armenia Cilicia pada abad pertengahan yang hamper sama dengan bahasa Aarmenia barat Modern.
            Orang Zabjd dari bumi emas, oleh Fick diduga sebagai orang india dari bangsa lain adalah penduduk sumatera, kubur-kubur raja berupa patung atau nisan silapisi logam mulia, dikenal beberapa abad kemudian di Sumatera. Catatan tentang orang Zabedj yang  tidak membunuh pedagang dan petualang karena mereka mendapatkan keuntungan dari pada pedagang sesuai dengan Livre des merveilles de I’inde . Orang-orang Zabedj merupakan orang-orang penyembah berhala sebab pada abad ke-12 Isalm belum masuknkedaerah ini, di satu bagian lain catatan perjalanan ini disebutkan bahwa orang India menamakan pendeta mereka Vahramaydan berhalnya disebut Dev. Maka dari segi bahasa,etnik orang Zabejd perlu dibedakan perlu dibedakan dari bangsa India. Walaupun dinasti sailendra yang memerintah di sriwijaya sejak abad ke-9 M bersal dari Jawa, jelas bahasa tersebut adalah melayu kuno yang kelihatan dipakai untuk semua daerah bumi emas.

3.      Lambre Nominatif
            Istilah Lambre banyak terdapat dalam sumber Arab dalam bentuk lamri atau lamuri. Sudah lama naam tempat ini diidentifikasikan sebagai ujung utara sumatera, namun lokasi ini kurang tepat jika dianggap bahw
a dalam karya Ahbar as sin wa i-hind atau informasi mengenai Cina dan India pada tahun 851 M.
            Dalam Nagarakrtagama (1365) lamuri terdaftar dalam daerahn jajahan dari kemaharajaan Majapahit yang menggantiakn Sriwijaya. Lamri terdapat di samping Lamrin daalm salinan dari abad ke-17 dan 18, hamya dalam F Lamri berbentuk normatif. Lamre adalah sebuah kota yang pelabuhannya mempunyai nama yang sama atau sekaligus merupakan kota kota dan pelabuhan. Namun nampaknya L  mreh yang usulakan oleh Van Dir Lith betul-betul sebuah tempat yang terletak dibagian Timur Aceh sekitar Tungkob.

4.      Pant’ chour
            Istilah riha “putra, raja dalam bahasa persia yang dipecayai yang pertama menemukan kamper yang dinilai paling baik”disebelah barat alut Pelabuhan Barus dengan ditemukannya peninggalan sejarah di Lobu Tua sebuah prasasti Tamil.

5.      K’rout
            K’rout atau K’routi terletak dekat Lamri tempat ini bukan sekaligus kota dan pulau melainkan sebuah pulau saja yang berarti sebuah pelabuhan. Lokasinya di sebelah selatan ujung Aceh.Nama K’rodi disebut dalam F merupakan sebuah sebutan yangb dipakai pada zaman itu atau mungkin salah satu pintu masuk kerajaan ini.

6.      K’roudayi
            K’roudayi adalah sebuah kota besar yang tidak terletak persis di tepi laut karena didekatnya terdapat sebuah pulau ( Pelabuhan) bernama Samwi. Nama Sumatera berasal dari Kerajaan Semudra sebuah kota yang didirikan oleh Marah Silu, alias Malikul Saleh menurut hikayat raja-raja Pasai dan sejarah Melayu.

7.      Samoui atau Samwi
            Pelabuhan ini besar dan ramai dalam perdagangan, semestinya dalam teluk dimana Sungai Pasai dan Sungai Keureutoe untuk ke Pasai tanpa mencatat adanya sebuah pelabuhan di tepi laut.

8.      Poure
            Tempat ini diidentifikasikan sebagai Peureulak, di selatan Lhokseumawe, di sebelah kanan sungai yang nama nya sama pada 97 derajat 54’T dan 4derajat 49’ U. Tempat ini sama juga dengan Felec,kerajaan pertama yang disebut oleh oleh Marcopolo diantara delapan kerajaan yang terdaftar di Sumatera.

9.      P’anes
            Pelabuhan P’anes atau P’anis ini dari mana banyak kamper bermutu dikeluarkan terletak di pantai timur di bawah Peureulak dan tidak lain dari panai atau pane.

10.  Lewank
            Dibawah Kroudayi atau Samwi terletak sebuah pelabuhan lain yang bernama Poure, semua barang berharga tersedia di pelabuahan ini, kemudian Panai terletak disebuah kota namanya Lewang. Akibat penulisan nama dalam penyalinan Lewang semestinya tercatat sesudah P’anes. Penyalinan naskah penulisan Lewang secara aneh yaitu Lewan….g didepan huruf akhiran –g.

11.  Plaoy
            Tanda-tanda dalam catatan mengeani ini telah banyak menyesatkan dan sering diubah sehingga edisi Amsterdam bersama salinan dan edisi yang merujuk kepadanya mencatat “ dibawah (=disealtan) Pla (y) oy tinggal Raja Bumi emas”.

12.  Rambi
            Lokasi-lokai ini bukan di Sumatera tetapi di semenanjung Melayu khususnya dipantai barat. Rambi adalah sebuah pelabuhan dan dibawah nya tedapat pelabuhan lain, banyak tiamh yang dikeluarkan  dari tempat itu.

Daerah Selatan dan Selat Malaka
            Nama tempat ini sering ditemukan disemenanjung mungkin karena berkaitan dengan huatan, ladang atau sejenis tumbuhan artau pohon.

Daerah Utara Selat Malaka
            Terletak dikepulaun pulau sembilan, berhadapan dengan kuala sungai Perak, garis lintang nya cukup sesuai. Nama tempat ini betul-betul sebuah pulau sedangkan pulau yang tecatat adalah pelabuhan.

Daerah Di Utara Selat Malaka
                Posisi Langakawi di utara 6 U merupakan perbatasan utara selat Malaka. Disebelah utara Krabi 8 4’U98 55 T  yang terletak di thailand dan dipulau Phuket mungki adalah lokasi Rambi.

13.   P’ant’chi
      Teletak dibawah Rambi maka dapat diduga bahwa lokasi P’ant’chi merupakansebuah kota Maritim dan dibawahnya terletak sebuah pelabuhan namanya kota P’ant’chi.

14.  Yala, K’ala, Kakoule
            Yala, K’ala, dan Kakoule terletak diderah yang sama tetapi tidak jauh dari ketiga tempat yang disebut Rambi, asalkan ketiga nama ini jauh dari arah Utara.


Sumber:
http://lobutuasejarahawalbarus.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment