Jumat, 04 Mei 2012

PINGGAN PASU, PUSAKA SEJARAH BATAK


PINGGAN PASU, PUSAKA SEJARAH BATAK




Pernah kah kamu terpikir bahwa sebuah piring usang tidak akan laku dijual dengan harga yang fantastis..?? Memang kelihatanya mustahil terjadi hal yang seperti itu. Apalagi barang seperti itu sepertinya tidak ada guna lagi untuk dipakai. Kali ini mungkin kamu akan terkejut apabila sebuah piring usang khas Batak ini dapat mencapai harga miliaran rupiah. Kamu penasaran dengan piring yang satu ini bukan, mari lanjutkan baca artikel berikut ini.

Pinggan pasu adalah sebuah benda pusaka "halak Batak" orang Batak. Benda kuno ini digunakan oleh para raja-raja Batak zaman dahulu untuk melakukan kegiatan atau ritual di tanah Batak. Dan sebahagian masyarakat mempercayai bahwa dalam piring kuno ini memiliki kekuatan magis dan sangat aneh sekali ditemukan dengan piring atau barang pecah belah lainnya.

Piring ini selain mampu menjadi daya jual tinggi, tetapi ada juga manfaat lain, yaitu mampu memberikan kesejahteraan dan kesaktian. Percaya atau tidak, saya kembalikan lagi kepada para pembaca.

Pinggan pasu ini juga dapat digunakan untuk pengobatan alternatif, tapi mungkin kah..? Harga dari sebuah pinggan pasu ini mampu mencapai 500 Juta hingga miliaran rupiah. Itu masih satu buah, sementara jenis pinggan pasu ada 3 buah dengan manfaat serta keunikan yang tersendiri pula, luar biasa bukan..?

Jenis pinggan pasu yang asli khas Batak ini ada beberapa, yaitu :
Pinggan pasu anti racun => membuat racun menjadi tidak beracun
Pinggan pasu anti basi => membuat makanan tidak menjadi tahan lama / tidak basi
Pinggan pasu anti asin => membuat air yang asin menjadi air tawar
Orang-orang banyak mencari barang antik ini untuk dijadikan bahan koleksi mereka. Para peminat dari barang ini bukan hanya berasal dari lokal saja, tetapi sudah merambah internasional, seperti Malaysia, Singapura, Brunei dan lainnya.

Tak jarang juga ada kolektor yang rela mendatangi rumah masyarakat untuk mencari barang barang antik seperti pustaha Batak, Pinggan pasu, dan artefak khas Batak lainnya. Beberapa gambar yang sudah saya ambil dari pinggan pasu koleksi keluarga dan kamu dapat melihat bentuk piring batak ini.



Gambar dari atas




Gambar dari sisi samping



Gambar dari sisi bawah

Pinggan pasu yang ini merupakan punya keturunan raja Batak bermarga Simanjuntak. Umur dari pinggan pasu ini sudah ada ratusan tahun tetapi masih tetap awet bentuk layaknya perkakas rumah. Jadi, bagi kamu yang berminat berburu barang antik silahkan saja asal dijaga barang tersebut dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar