Tuesday, May 1, 2012

Kopi Medan ?


Kopi Medan ?


Kopi Medan bukanlah sebutan yang asing lagi ditelinga kita. Sebahagian masyarakat indonesia bahkan Internasional telah mengenal apa itu kopi medan. Tapi jika kita mau sedikit kritis, apakah memang kopi-kopi tersebut berasal dari Medan ?..., apa ada kebun kopi di Medan ?....

Kopi Indonesia memang sudah mendunia sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia, termasuk juga kopi asal sumatera utara. Sumatera Utara Merupakan Provinsi penghasil berbagai komoditas perkebunan seperti : kopi, karet, coklat, teh, kelapa sawit, cengkeh, kelapa, kayu manis, dan tembakau. Perkebunan aneka komoditi tersebut tersebar di daerah Deli Serdang, Langkat, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, dan Tapanuli Selatan.

"Kopi Medan" katanya. Dari mana asalnya ?...

Jenis kopi yang dibudidayakan oleh para petani di Sumatera Utara adalah jenis Kopi Arabika dan Kopi Robusta dengan luas perkebunannya mencapai 57.433,17 Ha. Sumatera Utara berhasil mengekspor produksi Kopi mencapai rekor tertinggi yaitu 46.290 ton. Kopi Sumatera Utara atau yang dikenal dengan Kopi Medan ini dihasilkan dari perkebunan di daerah Lintong (Kopi Lintong) dan Sidikalang – Tapanuli Utara (Kopi Sidikalang), Mandailing Natal – Tapanuli Selatan (Kopi Mandheling).

Wilayah Pengembangan Komoditi Kopi Sumatera Utara

1 Kab. Asahan 144 (Ha)
2 Kab. Dairi 60.966 (Ha)
3 Kab. Humbang 13.946 (Ha)
4 Kab. Mandailingnatal 16.338 (Ha)
5 Kab. Pakpakbharat 4.446 (Ha)
6 Kab. Simalungun 8.562 (Ha)
7 Kab. Tapanuli Selatan 17.886 (Ha)
8 Kab. Tapanuli Tengah 918 (Ha)
9 Kab. Tapanuli Utara 9.480 (Ha)

Melalui Tabel data statistik diatas Sudah jelas bahwa tidak ada perkebunan kopi di medan. Tapi kenapa masih disebut kopi medan ????


Sumber

No comments:

Post a Comment