Tuesday, May 1, 2012

Mengenal Ikan Pora-Pora Danau Toba


Mengenal Ikan Pora-Pora Danau Toba

Kecil bentuknya, ijo keemasan warnanya..itulah ikan pora-pora yang ada di perairan Danau Toba. Mungkin para pembaca kurang mengenal jenis ikan ini, atau merasa aneh dengan namanya tapi saat ini kota/daerah kami sedang berusaha mempublikasikan ikan ini supaya lebih dikonsumsi oleh masyarakat lokal dan meningkatkan harga jualnya di pasaran. Jujur saja, mungkin karena populasi ikan ini yang bisa berton-ton di jual ke daerah lain hanya dengan harga maksimal Rp.2.000/kg, sangat menyedihkan memang,,,
***
Banyak pihak yang ingin mengangkat pamor (..heheh) ikan pora-pora ini..Dalam menyambut even ‘Pesta Danau Toba’ baru-baru ini diadakan Lomba Kreasi Memasak Ikan Pora-pora,,hasilnya….sangat membanggakan!!!! Ternyata ikan pora-pora bisa disajikan dengan berbagai kreasi seperti : presto ikan pora-pora,filet pora-pora kriuk ( yang ini kreasi tim kami..heheh, hasilnya siph!!!!), pepes pora-pora, dll.

***
Pemda setempat juga telah berusaha untuk membantu para nelayan untuk memproduksi ikan pora-pora.Sekedar infomasi apabila ikan ini dikeringkan atau diolah maka harga jualnya bisa mencapai Rp.75rb per kilogramnya.. Untuk itu pemda sudah menargetkan memberikan alat mengolah ikan ini kepada masyarakat nelayan di Kabupaten Toba Samosir.
Semoga ke depannya ikan pora-pora lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas nantinya..


Sumber:

No comments:

Post a Comment