Thursday, May 3, 2012

Barus Disiapkan Jadi Kota Wisata Rohani


Barus Disiapkan Jadi Kota Wisata Rohani


Kamis, 22 Desember 2011
TAPTENG- Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Raja Bonaran Situmeang SH MHum menegaskan, daerah Barus sekitarnya bakal dijadikan sebagai daerah wisata rohani di Tapteng. Sebab diduga kuat, dari daerah inilah untuk pertama kalinya masuk agama-agama besar ke Indonesia yakni agama Islam, Katolik dan Protestan.

“Saya yakin, agama Islam, Kristen Katolik dan Kristen Protestan masuk ke Indonesia pertamakalinya dari daerah Barus. Ini dibuktikan dengan adanya bukti-bukti sejarah di Desa Lobutua Kecamatan Andam Dewi, Sumur Nommensen di Barus Utara dan Makam Mahligai di Kecamatan Barus,” ucap Bonaran dalam acara pesta syukuran bersama ribuan warga Desa Lobu Ladang, Kecamatan Andam Dewi yang bertempat di lapangan SD Swasta Muhammadiyah Ladang Tengah, Minggu (18/12) lalu.
Menurut Bonaran, sejumlah tempat itu bisa menjadi daya tarik wisata rohani bagi wisatawan dan memiliki potensi wisata sangat tinggi yang dapat meningkatkan perekonomian pemerintah dan masyarakat setempat. “Sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang cukup dikenal dan banyak dikunjungi, maka harus tetap dikembangkan. Pengembangannya dengan pembangunan sarana dan prasarana disana yang tentunya dapat para wisatawan betah dan akan datang kembali. Objek wisata tadi akan memberikan kenangan dan kesan yang indah bagi para wisatawan yang berkunjung,” pungkas Bonaran.

Namun demikian, Bonaran kembali menegaskan agar seluruh warga Tapteng untuk membersihkan moral dan akhlak masing-masing, sebab tak berguna jika pembangunan fisik dilakukan dengan gencar tanpa dibarengi pembangunan dari dalam diri masyarakat sendiri. “Untuk itu, diimbau kepada seluruh masyarakat Tapteng untuk membersihkan akhlak dan moral masing-masing agar sejalan dengan pembangunan yang dilakukan. Sebab tak ada gunanya dibangun fisik Tapteng, kalau moral dan akhlak masyarakat itu sendiri rusak,” pungkas Bonaran.
Camat Andam Dewi yang diwakili Sekcam Mikael Simbolon SPd dalam sambutannya atas nama masyarakat Andam Dewi mengharapkan agar bupati lebih memperhatikan masyarakat Andam Dewi. “Namun demikian, kami imbau juga kepada seluruh masyarakt untuk selalu mendukung program kerja pemerintah Tapteng. Sehingga dengan demikian akan tercapailah perubahan yang besar bagi masyarakat Tapteng, yakni dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (mas/tob)


No comments:

Post a Comment