Wednesday, May 2, 2012

Selamatkan Candi Sangkilon


Selamatkan Candi Sangkilon


Tribun Medan - Minggu, 16 Oktober 2011 22:47 WIB



TRIBUN-MEDAN.com - Saya melakukan inventarisasi 16 candi (biara) yang terdapat di Kabupaten Padanglawas (Palas) dan Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) sejak 11-14 Oktober 2011.

Dari 16 candi tersebut, empat sudah dipugar yakni Candi Bahal I-III dan Candi Sipamutung. Sisanya, 12 candi belum dipugar sama sekali.

Padahal dari 12 candi yang belum dipugar, dua masih layak direstorasi secepat mungkin. Yakni Candi Sangkilon dan Candi Tandihat-I, yang masih utuh sekitar 50-75 persen.

Candi Tandihat I, terletak di Desa Tandihat, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padanglawas, berjarak sekitar 35 Km dari Gunungtua ke Sibuhuan, ibu kota Padanglawas. Candi ini berdekatan dengan Sungai Barumun yang merupakan jalur transportasi utama pada saat itu.

Candi utama masih utuh, berbentuk empat persegi kecuali bagian puncak (atapnya) sudah roboh. Candi ini memiliki tiga buah perwara yang sudah tertimbun tanah, tapi masih terlihat berupa gundukan tanah serta bebeberapa nekara dan umpak batu yang merupakan bagian dari candi tersebut.

Demikian pula benteng bata yang sudah ditumbuhi oleh rumput di sekeliling candi. Tampak bahwa, areal candi sudah pernah dipagar dengan kawat berduri  dan papan nama candi pun sudah terpampang.

Walaupun demikian,  ternak peliharaan seperti kerbau masih saja bebas berkeliaran. (*)Selengkapnya baca edisi cetak halaman 1 hari ini

Editor : Boris
Sumber : Tribun Medan

No comments:

Post a Comment