Tuesday, May 1, 2012

Taman Eden 100 Bukukan Pegiat Lingkungan


Taman Eden 100 Bukukan Pegiat Lingkungan


 Tribun Medan - Rabu, 8 Juni 2011 22:33 WIB
Laporan Wartawan Tribun Medan/Bantors

TRIBUN-MEDAN.com, TOBASA - Taman Eden 100 di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, kabupaten Tobasa,  akan membukukan 100 orang peduli lingkungan dalam kegiatan penanaman tanaman khas Toba yang berkait dengan umpasa (perumpamaan) Bahasa Batak.

"Berbagai jenis tanaman yang tumbuhnya khas di daerah Toba akan ditanam oleh 100 orang yang peduli kelestarian alam dan lingkungan danau Toba, sekaligus mengangkat budaya Batak lewat umpasa saat penanamannya," ujar Pengelola Taman Eden Marandus Sirait di Balige, seperti dikutip Antara, Selasa (7/6).

Ia mengatakan, buku yang segera dicetak tersebut juga akan memuat makna umpasa sesuai jenis tanaman yang dipilih penanamnya, termasuk tanggapan maupun imbauan guna meningkatkan kesadaran dalam menjaga kelestarian alam agar tercipta lingkungan bumi yang lebih baik di masa mendatang.

Menurutnya, melalui berbagai komentar bersifat membangun yang dituliskan dalam buku dimaksud, akan menggugah manusia menjadi lebih bijak dalam menjaga lingkungan serta menghindari berbagai pencemaran yang merusak ekosistem.

"Ke-100 penanam tersebut berasal dari berbagai profesi. Di antaranya, sejumlah anggota DPRD, seperti Brilian Moktar, Efendi Napitupulu, Monang Naipospos, Syamsudin Manurung, Rachmat Manullang dan yang lainnya," ujar Marandus.

Kegiatan ini, menurutnya, merupakan aksi nyata dalam rangkaian hari lingkungan hidup sedunia, bertujuan meningkatkan kesadaran bagi siapa saja untuk memelihara lingkungan serta mencegah timbulnya berbagai kerusakan dan kerugian akibat masalah lingkungan.

Peraih penghargaan Kalpataru kategori perintis lingkungan pada tahun 2005 ini menyebutkan, aksi nyata pemerintah dan masyarakat dalam menjaga lingkungan.menjadi sangat penting, mengingat kondisi alam yang semakin terganggu akibat ulah manusia yang tidak bijak memperlakukannya.(bbm)

Penulis : Bantors
Editor : Ismail
Sumber : Tribun Medan

No comments:

Post a Comment