Tuesday, May 1, 2012

PENGEMBANGAN TANAMAN GAMBIR DI PAKPAK BHARAT, MASIH SETENGAH HATI


PENGEMBANGAN TANAMAN GAMBIR DI PAKPAK BHARAT, MASIH SETENGAH HATI


GETA_PAKPAK.COM
Pengembangan komoditi pertanian Gambir di Kabupaten Pakpak Bharat yang sejak lama menjadi salah satu target pengembangan sektor pertanian Pakpak Bharat hingga saat ini dirasakan masih setengah hati. Menurut pemerhati Pembangunan Pertanian Pakpak Bharat N. Sinamo ((rabu, 23/06) pengembangan tanaman gambir yang terdapat diwilayah Kabupaten Pakpak Bharat jika sejak awal dikelola secara sungguh-sungguh seharusnya saat ini sudah menjadi salah satu komoditi unggulan yang mampu mengangkat PAD dan peningkatan ekonomi keluarga.

Namun faktanya di lapangan, hingga saat ini pengembangan tanaman gambir belum mampu memberikan tingkat pertumbuhan seperti yang diharapkan. Bahkan menurut sejumlah petani gambir beberapa waktu terakhir produksi gambir Pakpak Bharat dirasakan monoton bahkan memiliki kecenderungan mengalami penurunan. Sementara potensi yang dimiliki sangatlah besar. Seperti yang terlihat pada pertanian Gambir di Lagan Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, hingga saat ini pengelolaan Gambir dari sisi kemampuan alat dan fasilitas dapat dikategorikan kalah dengan dengan tumbuh suburnya tanaman tersebut di kawasan itu.

Dibutuhkan konsentrasi dan keseriusan antara pihak Petani Gambir dengan Pemerintah Pakpak Bharat melalui Dinas Pertanian dalam mengembangkan, memasarkan dan permodalan dalam menggenjot produksi dan pemasaran komoditi tersebut. @


Sumber:

No comments:

Post a Comment