Tuesday, May 1, 2012

Objek Wisata di Samosir dan Madina Ramai Dikunjungi


Objek Wisata di Samosir dan Madina Ramai Dikunjungi


 Sumatera Utara Senin, 03 Jan 2011 08:06 WIB
MedanBisnis – Samosir. Memasuki liburan Natal dan Tahun Baru di Samosir, ribuan perantau yang tinggal di berbagai kota di Indonesia, ramai-ramai pulang kampung ke Samosir untuk mengunjungi objek wisata di daerah itu.

Pantauan MedanBisnis, sejak Sabtu-Minggu (1-2/1) di objek wisata Tomok dan Tuktuk Samosir, tingkat kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara meningkat drastis. Pengunjung umumnya memadati objek wisata penjualan sovenir, makam Raja Sidabutar, Batu Kursi di Siallagan dan penginapan di Tuktuk.

Sementara, objek wisata di Pantai Pasir Putih Parbaba dan pemandian umum air panas (hotspring) Pangururan ramai dikunjungi orang. Sebagian pengunjung juga menyambangi situs- situs budaya di Kecamatan Sianjur Mula-mula.

Jalan-jalan sepanjang ring road (Tomok-Pangururan) ramai dilalui kenderaan roda dua maupun empat. Jalanan dilalui sepeda motor muda-mudi kebanyakan datang dari Medan, Pematang Siantar dan daerah lainnya. Begitu juga dengan kendaraan mobil pribadi dan bus pariwisata hilir mudik mengantarkan penumpangnya menjajal keindahan alam Samosir.     

“Kali ini para pengunjung didominasi perantau yang menghabiskan masa liburannya di Samosir. Mereka datang dengan sanak keluarga pada Kamis (30/12) lalu,” ungkap David Situmorang asal Kerinci kepada MedanBisnis.

"Sehabis berkumpul dengan keluarga, saya mengajak keluarga menikmati panorama alam pantai pasir putih Samosir,” katanya.

Melonjaknya kunjungan wisata pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini juga membawa berkah bagi pedagang souvenir dan pemandu wisata makam Raja Sidabutar di Tomok. Kawasan penjualan sovenir Tomok bahkan lebih ramai dikunjungi orang.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata Samosir Mahler Tamba kepada MedanBisnis Minggu (2/1) di melalui selulernya, mengatakan, jumlah pelancong tahun ini lebih sedikit daripada liburan tahun lalu.

Mahler mengimbau masyarakat Samosir agar dapat menjaga citra pariwisata Samosir. Terkait kelangkaan BBM di Samosir, Mahler dengan tegas mengatakan hal itu bukan wewenang pihaknya.

Madina
Sementara, sejumlah tempat wisata alam dan budaya juga dipadati sejumlah pengunjung lokal untuk mengisi hari libur serta merayakan Tahun Baru 2011 seperti Pemandian Aek Milas di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Sampuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat, Sopo Tinjak Desa Batang Natal Kecamatan Batang Natal dan Pinggir Pantai Natal Sikara-kara.

Salamat Lubis (38) salah seorang pengunjung lokasi wisata Aek Milas Desa Sibanggor Tongan mengatakan, dirinya memilih tempat ini untuk mengisi liburan selama dua hari karena keindahan alam serta tempat pemandian Aek Milas yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit khususnya kulit.

“Kita baru pertama kali datang bersama keluarga mengunjungi tempat ini, dan ternyata cukup padat pengunjungnya yang ingin mandi serta memasak telur, jagung dan kacang tanah di dalam air panas yang keluar dari perut bumi di lereng lembah gunung Soprik Merapi yang masih aktif,” katanya. (tumpal sijabat/henri)


Sumber:

No comments:

Post a Comment