Tuesday, May 1, 2012

Jus Labu Parang/Labu Kuning Untuk Penderita Diabetes


Jus Labu Parang/Labu Kuning Untuk Penderita Diabetes


OPINI | 09 July 2011 | 21:31
Diabetes semakin mengkokohkan diri sebagai pembunuh paling berdarah dingin.  Bila diibaratkan diabetes itu gerbang bagi penyakit lain.  Diabetes bisa memicu penyakit jantung, gagal ginjal, hati, bahkan impotensi.

Saya teringat artikel ini.  Iya, info mengenai labu parang atau lebih dikenal dengan nama labu kuning, yang ternyata terbukti dapat menjadi sumber asupan yang dapat mengurangi kadar gula darah sekaligus untuk memperbaiki pankreas yang gagal atau kurang menghasilkan hormon insulin.
Keakuratan penelitian ini bermula dari yang dilakukan oleh Muhammad Rijki, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.  Penelitiannya  menemukan obat yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit diabetes mellitus tipe 2.  Dan obat itu datang dari Labu parang. (Tempo Interaktif)

Penelitian labu parang yang dilakukan Rijki ini meraih penghargaan Alltech Young Scientist Award 2011 dari PT Alltech Biotechnology Indonesia.  Menurut M Rijki, “”Labu parang mengandung senyawa saponin dan flavanoid, yang keduanya berkhasiat menurunkan kadar glukosa darah dan memperbaiki sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin kembali”

Adapun cara menggunakan labu parang sebagai obat diabetes adalah dengan cara mengekstrak 400 - 800 gram labu parang, kemudian dikonsumsi setiap hari.  Bisa dilakukan dengan membuat labu parang menjadi jus.

Dalam melakukan penelitian Rijki mengaku menggunakan banyak data dari internet kemudian melakukan uji coba pada tikus di laboratorium.  Selain sangat bermanfaat bagi orang lain, penelitian yang dilakukan Rijki juga menjadi sejarah baru, General Manager PT Alltech Biotechnology Indonesia, Isra Noor, mengatakan Rijki merupakan satu-satunya mahasiswa dari Kedokteran Hewan yang berhasil meraih penghargaan ini.

Jadi, bila anda kebetulan suka baca Harry Potter pasti sangat akrab dengan minuman yang sangat populer di noverl JK. Rowling itu.  Jus Labu Kuning.  Nah… kalau merasa agak susah mengkonsumsi jus ini, sementara riwayat keluarga anda menekankan bahaya diabetes, lalu lingkar perut anda juga sudah semakin menyesakkan celana.  Bayangkan saja anda seperti penyihir, jus labu kuning ini minuman favorit mereka.

Anda akan terlihat cool.  Tapi ingat, jus nya jangan ditambahi gula ya…


Sumber berita: Tempo Interaktif
Artikel: Jus labu Kuning di Harry Potter Ternyata Obat Diabetes

No comments:

Post a Comment