Thursday, May 3, 2012

Tulisan Marco Polo tentang Barus


Tulisan Marco Polo tentang Barus


20 Agustus 2011
PUTRA BARUS -Seorang penjelajah terkenal kelahiran Venesia, Italia, Marco Polo (1254 - 1324) menjejakkan kakinya di Barus pada 1292 M. Marco Polo menjadi sangat terkenal karena merupakan orang barat pertama yang berusaha menjelajahi Asia. Pada tahun 1298 ketika terjadi konflik antara Venesia dan Genoa, Marco Polo ditangkap oleh orang Genoa dan dipenjarakan. Ketika ditahan Marco Polo mendiktekan kisah perjalannanya kepada seorang penulis yang kemudian menerbitkan buku The Travels of Marco Polo.
Dalam buku tersebut Marco Polo menulis tentang Barus yang disebutnya Fabsur. Fansur adalah nama lain dari Barus, Barru, Baruga, Barousai. Tempat yang begitu penting sampai Marco Polo menulis demikian dalam jurnalnya: You then come to another kingdom which is called FANSUR. The people are Idolaters, and also call themselves subjects of the Great Kaan; and understand, they are still on the same Island that I have been telling you of. In this kingdom of Fansur grows the best Camphor in the world called Canfora Fansuri. It is so fine that it sells for its weight in fine gold.

Dari tulisan tersebut terlihat betapa mahalnya harga Kapur Barus pada waktu itu, yang oleh Marco Polo disamakan dengan harga emas.


No comments:

Post a Comment