Thursday, May 3, 2012

Barus Lebih Dikenal Di Malaysia Daripada Di Indonesia


Barus Lebih Dikenal Di Malaysia Daripada Di Indonesia


20 Desember 2011 
PUTRA BARUS - Menjadi sebuah kenyataan, Barus sebagai kota tertua sekaligus menjadi kerajaan pertama di Nusantara ini tidak diketahui oleh bangsa sendiri tetapi malah bangsa lain lebih mengetahui tentang Barus. Entah apa yang salah dengan bangsa ini sehingga "Barus Lebih Dikenal Di Malaysia Daripada Di Indonesia".

Kenyataan ini bukan hanya terjadi pada saat ini tetapi sudah sejak dahulu. Pada tahun 80an ketika penulis masih kecil dan tinggal di dekat Bukit Palinsir penulis beberapa kali melihat peneliti dari Malaysia datang untuk melakukan penelitian pada makam tersebut. Sekarang ini dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih, dimana informasi dapat diperoleh dengan cepat, Wisatawan dari Malaysia secara rutin sudah banyak yang berkunjung ke Barus untuk melihat peninggalan Islam yang ada di Barus.
Sebaliknya rakyat Indonesia sendiri khususnya yang tinggal di pulau Jawa tidak banyak yang mengetahui tentang peranan Barus dalam sejarah masuknya agama Islam ke Nusantara ini karena Sejarah Nasional tidak mencatat hal tersebut.



No comments:

Post a Comment