Selasa, 05 Juni 2012

Objek Wisata di Humbang Hasundutan

Objek Wisata

Sejak resmi menjadi kabupaten pada tanggal 27 Juli 2003, Humbahas terus berbenah diri. Berbagai sektor pembangunan melaju dengan cukup signifikan termasuk sektor kepariwisataan. Potensi dan peluang sektor pariwisata di Humbahas sangat menjanjikan. Bukan hanya untuk masyarakat atau pemerintah tetapi juga bagi investor yang ingin mengembangkan usaha kepariwisataan. Jarak kabupaten dari Ibukota Provinsi Sumatera Utara, Medan, sekitar 284 km. Humbahas tidaklah sulit dijangkau. Setiap saat transportasi darat selalu tersedia. Transportasi udara pun telah tersedia satu kali satu hari sejak September 2010. Rute Bandara Polonia Medan-Bandara Silangit (Siborong-borong), Kabupaten Tapanuli Utara, telah dilayani pesawat Susi Air. Jadi, untuk mengunjungi Kabupaten Humbang Hasundutan tidak ada kendala. Demikian halnya mengunjungi objek-objek wisata yang cukup menarik dan mempesona. Di Humbahas, terdapat sedikitnya 32 objek wisata. Objek wisata tersebut sebagian besar masih perawan dan belum terjamah. Salah satunya Bakkara, Ibukota Kecamatan Baktiraja ini sejak dahulu kala telah terkenal. Bakkara merupakan tempat bersejarah. Disini merupakan Tanah Kelahiran Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII dan hingga saat ini kita dapat melihat Istana Raja Sisingamangaraja serta beberapa tempat sakral yang mengandung historis kepahlawanan Raja Sisingamangaraja yang masih terpelihara dan dijadikan sebagai Objek Wisata.

Istana Raja Sisingamangaraja
Terletak di Desa Simamora Dusun Lumbanraja Kec. Baktiraja dengan Objek Wisata berupa komplek Istana Raja Sisinga-mangaraja berada tepat di sisi jalan lintas kecamatan. Jarak dari Doloksanggul sekitar 16 Km. Dan menurut cerita salah satu penjaga kompleks ini, yang seperti sumur ditutup beton adalah makam Raja Sisingamangaraja X. Yang dikuburkan di sini hanya kepalanya saja, sementara badannya konon terkubur bukit di tempat lain saat beliau gugur dalam perang melawan Tuanku Rao. Makam anaknya, Sisingamangaraja XI merupakan sebuah cungkup tertutup, dengan bagian depannya dihiasi bendera kerajaan berwarna merah dengan dua pedang dan bulan-bintang.
Untuk Sarana dan Prasarana yang tersedia berupa Rumah Makan, Rumah Bolon khas Batak dan dilengkapi dengan Area Parkir yang sangat memadai.Details

Goa Pertenunan Ibunda Raja SM. XII & Tombak Sulu - Sulu
Terletak di Desa Marbun Dolok Kec. Baktiraja dengan Objek Wisata Alam dan Budaya berupa Hutan, Goa dan Sungai. Menurut sejarah, Goa ini merupakan tempat Ibunda Raja Sisingamangaraja bertenun yang pada saat itu suaminya sedang merantau. Goa ini satu kawasan dengan Tombak Sulu-sulu yang merupakan hutan tempat bermain Raja Sisingamangaraja waktu kecil. Pada saat Raja Sisingamangaraja bergantung pada pohon dengan posisi terbalik, maka semua pohon disekitar lokasi itu juga ikut terbalik. Sampai saat ini tempat ini sering dikunjungi orang untuk berziarah dan melakukan ritual lainnya.
Jarak dari Doloksanggul  sekitar 18 Km dengan kondisi jalan baik dan disepanjang jalan menuju lokasi akan tampak sebuah Pemandangan Alam yang luar biasa yaitu Lembah Bakara dengan view Danai Toba dan rumah penduduk.

Aek Sipangolu
Wisata Alam yang terletak di Desa Simangulampe Kec. Baktiraja berupa Air Terjun kecil nan indah. Menurut cerita, mata air ini muncul setelah Raja Sisingamangaraja XII menancap-kan tongkatnya untuk memberi minum bagi gajahnya yang kehausan. Konon air ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, dan orang yang mandi di sini bisa awet muda sehingga tidak jarang orang berkunjung kesana untuk mengambil airnya, berdoa dan berziarah. Sarana dan Prasarana pendukung ditempat ini cukup lengkap berupa Kolam Renang untuk anak-anak dan orang dewasa, tempat pemandian umum, toilet, dan kantin. Dimana air kolam langsung dialirkan dari mata air dimaksud. Sampai saat ini penataan lokasi dan penambahan sarana prasarana pendukung masih terus dikembangkan demi kepuasan wisatawan. Jarak dari Doloksanggul  sekitar 18 Km dengan kondisi jalan baik.


Air Terjun Binanga Janji
Lokasi wisata yang terletak di Desa Marbun dengan objek wisata berupa air terjun dengan ketinggian ± 30 meter serta dapat juga dijadikan sebagai pemandian dengan kedalaman air sekitar satu meter. Jarak lokasi air terjun dari Kecamatan Baktiraja sekitar 1 Km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 dan 4 dengan kondisi jalan aspal yang baik dan untuk mencapai titik air terjun pengunjung dapat berjalan kaki mengikuti jalan beton sejauh kurang lebih 50 meter. Jarak dari Kota Doloksanggul ± 22 Km. Pada hilir air terjun ini terdapat pantai yang menghadap sisi danau toba. Pantai ini memiliki lahan yang cukup luas untuk digunakan sebagai lokasi waterboom (lokasi permainan air), camping ground, lokasi pemancingan dan menjaring ikan. Fasilitas yang tersedia masih terbatas yakni tempat pemandian, toilet, pondok santai, yang dikelola oleh masyarakat setempat.




Objek Wisata Sipinsur
Objek Wisata Sipinsur memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya. Sipinsur berada di atas perbukitan Desa Sipinsur, Kecamatan Paranginan. Dari bukit ini dapat dipandang keindahan Danau Toba dan pemandangan alam meliputi 3 (tiga) Kabupaten yaitu Tapanuli Utara, Tobasa, dan Samosir. Selain pemandangannya yang sangat menarik, juga merupakan tempat rekreasi, perkemahan (Camping Ground), dan juga telah tersedia taman bermain anak-anak, lintas alam, udaranya pun sejuk dan bersih yang membuat para pengunjung sulit melupakan Sipinsur. Lokasi ini terletak di Desa Pearung Kec. Paranginan tidak jauh dari Ibukota Humbahas, Dolok Sanggul dan Bandara Silangit yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Markas Raja Sisingamangaraja XII
Merupakan Markas Perjuangan Raja Sisingamangaraja XII. Dari sinilah dia merancang strategi perang gerilyanya. Konon di markas inilah disimpan semua barang-barang sakti dan senjatanya untuk dipakai berperang. Namun setelah kematiannya markas ini dibakar dan benda-benda tersebut banyak yang hilang. Dari gambar tersebut dapat dilihat sebuah tugu yang disebut juga “Si Onom Hudon”. Dilokasi tersebut terdapat 2 (dua) buah Rumah Batak, Peta Lokasi dan Meriam Peninggalan Perang melawan Penjajah.
Lokasi ini terdapat di Kec. Parlilitan, jarak dari Doloksanggul sekitar 42 Km dengan kondisi jalan aspal yang baik.

Makam Putri Raja Sisingamangaraja-XII
Lokasi wisata yang terletak di Desa Sion Utara dengan obyek wisata sejarah berupa Kuburan Putri Raja Sisingamangaraja, putrinya : Putri Lopian dan Seorang Panglimanya. Lokasi ini juga diyakini oleh masyarakat setempat dimana Putri Lopian meninggal di tembak. Di depan makam ini terdapat juga makam Panglima-Panglima terdekat Sisingamangaraja-XII. Jarak dari kota Doloksanggul sekitar 42 Km, dengan waktu pencapaian ke obyek wisata  sekitar 1 jam dan dapat ditempuh dengan jalan aspal kemudian berjalan kaki mengikuti jalan setapak. Sarana dan prasarana masih berupa warung dan kedai nasi.

Selain Objek Wisata tersebut diatas, masih banyak lagi Objek Wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi antara lain :
  1. Goa Sihonom, terletak di Desa Sihonongan Kec. Paranginan;
  2. Batu Hundul-hundulan, terletak di Desa Sinambela Kec. Baktiraja;
  3. Pulau Simamora, terletak di Danau Toba Kec. Baktiraja;
  4. Penatapan Simamora/Lembah Bakara, lokasi wisata menuju Kec. Baktiraja;
  5. Hariara Tungkot, terletak di Desa Sinambela Kec. Baktiraja;
  6. Batu Parsadaan, terletak di Desa Baktiraja;
  7. Tao Silosung, terletak di Desa Silaban Kec. Lintongnihuta;
  8. Dolok Pesona, terletak di puncak Kec. Lintongnihuta;
  9. Makam 37 Panglima Raja Sisingamangaraja XII di Desa Tarabintang
  10. Objek Wisata lainnya
Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan Kabupaten yang kaya akan Objek Wisata baik Wisata Alam maupun Wisata Sejarah. Karena jumlah yang sangat banyak, maka sangat disayangkan apabila Objek Wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan tidak dikunjungi yang merupakan warisan Budaya khususnya Bangsa Batak.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar