Wednesday, June 20, 2012

Menyibak Keindahan Danau Toba


Menyibak Keindahan Danau Toba
ImageSumatera Utara menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Tidak hanya dalam negeri. wisatawan manca negara juga banyak yang tertarik dengan keindahan di Sumatera Utara.
Berwisata ke Sumatera Utara, tak lengkap jika tidak menikmati keindahan Danau Toba. Danau ini merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara.
Di sekitar danau ini hidup suku Batak dengan kesenian yang sangat menarik. Danau Toba juga kaya dengan pemandangan yang indah, dengan udara yang sejuk.

Banyak hal menarik yang bisa dilihat di Danau Toba. Tapi saat ke Danau Toba, tak bisa dipisahkan dengan kunjungan ke Pulau Samosir.
Untuk menuju pulau tersebut, umumnya wisatawan menggunakan kapal. Hampir sepanjang pantai Prapat, banyak kapal-kapal yang menawarkan jasa menyeberang ke Samosir.

Kali ini saya berangkat dari Pelabuhan Ajibata, yang biasa digunakan masyarakat sekitar untuk menyeberang ke Samosir. Perjalanan tersebut menempuh waktu satu jam.

Pulau Samosir berada di tengah Danau Toba, dengan ketinggian seribu meter di atas permukaan laut. Banyak obyek wisata yang dapat dijumpai di Pulau Samosir. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih di Desa Parbaba.

Selain itu, di Desa Simanindo, terdapat Museum Huta Bolon Simanindo. Museum ini merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk.
Huta adalah istilah bagi orang Batak yagn berarti kampung tradisional. Biasanya huta dikelilingi benteng dan tanaman bambu. Ini tidak terlepas dari konsidi di Batak yang dulunya rawan dengan konflik antara kampung.

Rumah di dalam huta berjejer di kiri dan kanan rumah bolon atau rumah raja. Di sini biasanya dipertunjukan berbagai pesta adat, seperti Mangalahat Horbo, berupa ritual tarian dengan iringan musik khas Batak. Selain itu juga ada tarian Gondang Sigale.
Pengunjung juga bisa mencoba membuat kain ulos. Ulos adalah kain tradisional orang Batak yang melekat pada berbagai upacara atau ritual adat.

Penasaran untuk melihat keindahan Dana Toba dan berbagai keunikan tradisional masyarakat di Pulau Samosir?

Tayang Minggu, 11 September 2011, pukul 11:00 WIB
ImageImage



Sumber:
http://news.mnctv.com/index.php?option=com_content&task=view&id=17627&Itemid=18

No comments:

Post a Comment