Wednesday, June 20, 2012

AIR TERJUN SIPISO-PISO | WISATA SUMATERA UTARA


AIR TERJUN SIPISO-PISO | WISATA SUMATERA UTARA



Mungkin anda baru kali ini mendengar namanya. Namun air terjun Sipiso-piso sebenarnya terletak di utara Danau Toba, sekitar 24 kilometer dari Kabanjahe. Air terjun ini adalah yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air Terjun Sipiso-piso dibuat dari sungai bawah tanah di dataran tinggi Karo yang berjalan melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba, tapi sayangnya obyek wisata yang sangat menarik kurang dikunjungi wisatawan karena lokasinya di tepi yang berbeda dari kota Parapat, di mana wisatawan biasanya mengunjungi. 
Air Terjun Sipiso-piso berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Air terjun yang mengalir memotong perbukitan hijau ditumbuhi pohon pinus. Sipiso-piso itu sendiri secara harfiah berarti "pisau". Bila anda ingin melihat sipiso-piso dari jarak dekat, anda harus melalui tangga yang curam dan cukup jauh jadi pastikan Anda memiliki stamina yang kuat dan membawa persediaan air minum. Penurunan tersebut mungkin tidak masalah, tapi ratusan anak tangga untuk naik kembali setelah bermain di bawah air tentu saja cukup melelahkan. Nah bila mulai kelelahan, Pengunjung dapat tinggal di desa tetangga, yang bernama Tongging. 
Tongging terletak di utara tepi Danau Toba. Di Tongging Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang di danau, menjelajah di hutan, atau mengunjungi air terjun kecil yang disebut Sidompak. Anda juga bisa naik ke Gunung Sipiso-piso, dan melakukan paralayang dari atas. Selain renang, Anda juga bisa naik perahu yang dapat disewa dari nelayan setempat untuk berkeliling danau. Bersepeda dari satu desa ke desa lain juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk melihat warga Karo di kehidupannya sehari-hari. Bagi Anda penggemar kain etnik, Anda bisa pergi ke Desa Silalahi, Dairi. Desa ini terletak sekitar 11 km dari Tongging. 

Beberapa pilihan penginapan di Tongging Wisma Sibayak, Wisma parultop, dan Sinasi Romawi Bungalows, semua yang ada di Silalahi Road, Tongging. Perjalanan di sini sangat cocok untuk para backpacker karena anggaran dan biaya akomodasi yang murah. 

Perjalanan Ke Sipiso-Piso 
Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan ke Sipiso-piso lebih mudah. Dari Berastagi, Anda hanya akan memakan waktu sekitar 2 jam. Pemandangan alam dan pedesaan di Tanah Karo sangat menarik, sayangnya jalan tidak baik. Jadi, hati-hati.


Sumber:

No comments:

Post a Comment