Wednesday, June 20, 2012

Saat Musim Mangga di Bakkara


Saat Musim Mangga di Bakkara


Pemandangan Danau Toba Saat Sore di Hutaginjang

Pemandangan Danau Toba Saat Sore di Hutaginjang

FOTO SELENGKAPNYA:
detikTravel Community - 
Menyaksikan keindahan Danau Toba kali ini dimulai dengan perjalanan kira-kira 1,5 jam dari Laguboti menuju Muara. Udara masih terasa dingin ketika saya dan teman-teman tiba di Muara.
Muara adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara yang letaknya di tepi Danau Toba dan dikelilingi pegunungan. Komplitlah, ada danau dan ada gunung.
Setelah beristirahat menggerakkan badan, perjalanan dilanjutkan. Kita ke mana? Mengelilingi Pulau Sibandang sampai ke Bakkara dengan kapal motor. Pulau Sibandang terkenal dengan mangganya yang enak dan manis rasanya.
Setelah mengelilingi Pulau Sibandang, perjalanan dilanjutkan ke Bakkara. Ingat Bakkara pasti ingat Raja Sisingamangaraja. Yap, Raja Sisingamangaraja lahir di Tombak Sulu Sulu, Bakkara. 
Bakkara yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan juga terkenal dengan bawang merah dan Aek Sipangolu (air yang menghidupkan). Konon menurut cerita jika seseorang terkena jenis penyakit apapun apabila orang tersebut berendam atau meminum air dari Aek Sipangolu maka ia akan sembuh. Aek Sipangolu adalah sumber air yang keluar dari batu dan mengalir sepanjang masa, airnya segar dan jernih dan bermuara di Danau Toba.
Sangat beruntung, dalam perjalanan kali ini adalah musimnya mangga. Di sepanjang jalan di Bakkara, di sisi jalan yang berdekatan dengan danau, pohon-pohon mangga berbuah lebat. Rasanya segar dan manis, apalagi buah mangganya langsung dipetik dari pohon.
Puas menikmati mangga dan segarnya Aek Sipangolu, saya dan teman-teman kembali ke Muara dan menikmati makan siang di pantai Desa Rajagukguk. Mantap.
Tujuan terakhir setelah Muara adalah Hutaginjang. Di Hutaginjang yang berada di ketinggian 1550 mdpl ini yang berada di ketinggian 1550 mdpl, kita dapat memandang keindahan dan luasnya Danau Toba. Di tempat ini juga sering dilaksanakan pertandingan paralayang. Pasti seru ya bisa melayang di atas Danau Toba. Keren.
Setelah puas menikmati keindahan Danau Toba dan kedinginan, saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan pulang ke Laguboti.
Foto-foto lainnya tentang perjalanan ini dapat diakses di sini.
Horas

Sumber:

No comments:

Post a Comment