Rabu, 20 Juni 2012

Pemandangan Alam Dolok Tolong di Balige


Pemandangan Alam Dolok Tolong di Balige


Griyawisata.com, Merupakan dolok atau bukit tertinggi yang ada didataran Kabupaten Toba Samosir. Pemandangan yang diberikan Dolok Tolong sangat mempesona, apalagi danau Toba dengan bukit barisannya beserta Pulau Samosir dan hamparan hijau sawah serta rumah-rumah penduduk yang berjajar mengikuti arah jalan.Dolok Tolong terletak sekitar 5 kilometer persis di arah barat kota Balige. Puncaknya berada di ketinggian 1200 meter dpl.Disini anda bisa mendaki bukit tersebut sambil melihat pemandangan alam. Mendaki ke atas dengan berjalan kaki memakan waktu dua jam. Yang ingin naik keatas jangan lupa bawa bekal diperjalanan pergi dan pulang serta diatas. Dan bersiap-siaplah menikmati ketinggian Dolok tersebut.

Dari ketinggian Bukit ini, anda akan melihat semua alam pemandangan sekitar-nya, jika anda melihat kea rah barat, maka anda melihat bentangan sawah di Tampahan (saat ini sudah menjadi Kecamatan tersendiri terpisah dari Kecamatan Balige) yang dihiasi pegunungan, jalan dan danau toba. Namun, kearah utara, terdapat sawah di sekitar Hinalang hingga tonjolan Tanjung Tarabunga yang menakjubkan. Bila memandang kearah Timur akan terlihat daerah Balige, Laguboti, Silaen, Sigumpar dan Porsea. Ke arah Tenggara kita dapat melihat dengan jelas dataran tinggi Sibodiala yang menjadi tetangga Dolok Tolong.

Sipinsur merupakan salah satu tempat pemandangan lokasi danau toba yang sangat berkesan, berada di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbahas. Dapat ditempuh sekitar 45 menit dari bandara Silangit. Dari Sipinsur anda dapat menuruni lereng bukit dengan beribu-ribu anak tangga beton yang disediakan. Pesisir Danau Toba merupakan pemandangan alam danau yang sangat indah dari perairan. Menjelang matahari fajar menyingsing dan tenggelam, dari pesisir danau anda akan melihat pemandangan sungguh mempesona yang tidak akan pernah dilupakan.[wlmn/sr]


Sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar