Wednesday, June 20, 2012

Perjalanan Medan - Parapat - Simarjarunjung - Togging - Berastagi


Perjalanan Medan - Parapat - Simarjarunjung - Togging - Berastagi

Mengikuti perjalanan wisata di Sumatera Utara sangatlah mengasyikkan, apalagi disertai dengan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Beberapa waktu yang lalu, kebetulan saya bersama keluarga menyusuri tepian danau toba, dimulai dari Parapat, Tanjung Unta, Tiga Ras, Tongging dan terakhir di Berastagi.

Berangkat dari Medan sekitar pukul 08.30 Wib menuju Parapat setelah terlebih dahulu melalui Kota-kota sebagai berikut :
  1. Tanjung Morawa.
  2. Lubuk Pakam.
  3. Perbaungan.
  4. Sei Rampah.
  5. Tebing Tinggi.
  6. Pematang Siantar.
Sampai di Parapat sekitar pukul 14.00 maklum ketika itu ada pekerjaan pelebaran jembatan si Sei Bamban.

Setelah istirahat di Hotel Samudra Parapat, pada besok paginya berangkat ke Pulau Samosir setelah sebelumnya melihat batu gantung (hanging stone) untuk melihat wisata sejarah (pemakaman Raja-raja Samosir).Sebenarnya objek wisata di Pulau Samosir ada beberapa tempat, antara lain :
1. Makam Raja Sidabutar (di Tomok).
2. Rumah Adat Batak - di Tomok.
3. Tari Sigale-gale - di Tomok.
4. Perumahan Adat di Ambarita.
5. Tempat Peradilan dan Eksekusi di Ambarita.


Berangkat dari Parapat menuju simpang Simarjarunjung untuk seterusnya ke Tanjung Unta. Objek wisata ini masih sangat alami, hanya saja tidak dapat dicapai dengan mobil. Kita harus berjalan sekitar 1 km menuju lokasi Tanjung Unta dari jalan/tempat parkir mobil

Setelah Tanjung Unta, lokasi berikutnya adalah Batu Roda. Lokasi ini tepat di pinggiran Danau Toba. Disini disediakan beberapa kamar untuk menginap.

Kota selanjutnya adalah Tiga Ras, kota ini agak besar. Selain telah memiliki Hotel dan Restauran juga tersedia pelabuhan yang digunakan masyarakat untuk bepergian menggunakan boat ke Parapat dan kota lainnya di pinggiran Danau Toba.
Setelah lelah diperjalanan dari Tiga Ras sambil menuju Tongging, kami beristirahat sejenak di Simarjarunjung tepatnya di sebuah Restoran sambil menikmati Kopi Panas, Bandrek Susu atau minuman lainnya.

Meninggalkan simarjarunjung, berikutnya adalah Tongging. Lokasi ini menyajikan pemandangan Danau Toba dari sisi lain yang cukup mengagumkan keindahan alam wisata danau toba, disisi kanan Tongging kita dapat menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso.



Sumber:
http://asri-dharma.blogspot.com/2011/07/perjalanan-medan-parapat-simarjarunjung.html

No comments:

Post a Comment