Wednesday, June 20, 2012

Jelajah Wisata Air Terjun Sipiso-piso


Jelajah Wisata Air Terjun Sipiso-piso


Destinasi wisata paling populer dari Sumatera Utara sudah pasti adalah Danau Toba. Dan di tepian Danau Toba, ada juga lokasi wisata alam yang tak kalah apik yakni Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia ini, dengan ketinggian 120 meter, berada di sebelah utara Danau Toba, tepatnya sekitar 24 kilometer dari Kabanjahe.

Air Terjun Sipiso-piso punya pemandangan alam yang indah nan mempesona. Di antara tebing yang tampak kehijauan, turunlah kucuran air yang tak begitu besar. Dari sebuah pos pemantauan yang ada di Merek, para turis bisa menikmati keindahan Sipiso-piso dan Danau Toba dari kejauhan.

Jika para turis tak puas menikmati pemadangan alam yang cantik dari Sipiso-piso ini dari kejauhan, mereka bisa turun mendekatinya. Berjalan perlahan menyusuri bukit-bukit yang dipenuhi pohon pinus, menghampiri air terjun yang namanya itu berarti “pisau”.

Untuk mencapai dasar air terjun, para turis memang harus mengeluarkan sedikit tenaga ekstra. Pasalnya, bagian puncak dari air terjun ini berada pada ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Cukup lumayan jauh jika ingin turun ke dasar air terjun. Belum lagi jalan setapaknya yang terjal dan berliku. Tapi jangan cemas, begitu sampai di dasar air terjun, rasa lelah tadi akan tergantikan dengan kepuasan karena indah dan segarnya Air Terjun Sipiso-piso.  

Jika teman-teman sekalian ada rencana berwisata ke Air Terjun Sipiso-piso ini, sekalian juga singgah ke Desa Tongging. Desa ini merupakan desa terdekat dari Air Terjun Sipiso-piso. Masih dalam konteks berwisata, banyak aktivitas rekreasi yang bisa teman-teman lakukan di desa ini, misalnya naik ke Gunung Sipiso-piso atau juga melakukan paragliding dari bukit-bukit di sekitar desa ini.

Melihat dari dekat kehidupan masyarat Karo di sekitar Sipiso-piso juga bisa jadi pengalaman yang berkesan. Kebanyakan masyarakat di sekitar Sipiso-piso adalah nelayan yang biasa mencari ikan di Danau Toba.

Wisata Indonesia, termasuk juga wisata Sumatera Utara ini memang mempesona. Kita sebagai warga Indonesia wajib bangga dan mencintainya. Selamat berwisata, selamat menjelajahi Indonesia.

Gambar : http://4shared.comhttp://triptourism.com
http://jurnal-ap.blogspot.com/2011/12/jelajah-wisata-air-terjun-sipiso-piso.html

No comments:

Post a Comment