Wednesday, June 20, 2012

Danau Toba dengan Segenap Keindahannya


Danau Toba dengan Segenap Keindahannya

  Oleh: Uli Elysabet Pardede


1317291203270428773
Danau Toba - comot dari bebeb google
Jika aku sudah berkunjung ke Danau Toba maka akan takjub melihat pemandangan yang  dihadapkan padaku. Mengenai kebesaran Tuhan yang diturunkan dalam bentuk pemandangan yang sangat indah. Aku bukan seperti melihat danau akan tetapi seperti melihat sebuah lautan, itulah Danau Toba yang dikenal danau terbesar di Indonesia. Yang terletak di Sumatera Utara.
1317312088438422287
Mandi-mandi ke Danau Toba (Photo pribadi yg aneh) kebanyakan ngegosip… hahaha
Bukan tempat kelahiranku tapi di sini aku dibesarkan. Jarak dari rumah ke Danau toba pun hanya 45 menit perjalanan. Sangat mudah untuk berkunjung kembali menikmatinya, bukan?
Danau Toba ini berukuran sekitar 1700 meter persegi dan kedalamannya ± 450 meter dan terletak 906 meter dari permukaan laut. Ukuran yang super untuk sebuah Danau. Jika sudah berlayar dengan kapal untuk menempuh Samosir, maka yang anda lihat hanyalah air dan langit. Itulah sangking luasnya Danau Toba.
.
.
.
Terjadinya Danau Toba
Konon, katanya danau terbesar di Indonesia ini terbentuk dari 3 kali letusan Gunung Toba yang membentuk kaldera yang sangat besar. Yang pertama, sekitar 840 juta tahun yang lalu meliputi Parapat dan Porsea. Yang kedua, 500 juta tahun yang lalu membentuk kaldera di bagian utara Danau Toba. Yang ketiga, meletus sekitar 74.000 tahun yang lalu menghasilkan Danau Toba dan sebuah pulau di tengahnya yaitu Pulau Samosir.
Danau Toba dan Samosir. Dongengnya, Toba adalah nama seorang Bapak dan anaknya Samosir.
Terjadinya Danau Toba versi Cerita Rakyat
Seekor ikan mas yang menjelma menjadi wanita yang sangat cantik kemudian menikah dengan seorang lelaki pemalas yang bernama Toba. Kehidupan mereka bahagia dan dikaruniakan seorang anak lelaki. Namun, di masa pertumbuhan anaknya Toba menghianati janjinya pada istrinya bahwa tidak akan menyebut asal-usul ibunya. Sudah terlanjur akhirnya si Ibu menyuruh anaknya pergi ke atas gunung dan ibunya lenyap. Setelah itu, turunlah hujan lebat dan diikuti kilat makin lama-makin banyaklah airnya dan tergenanglah sebagian daerah hingga seluas danau Toba sekarang.
Dikatakan juga, jika bulan purnama maka perempuan itu akan terlihat di atas gunung. Banyak versi ceritanya, aku hanya menceritakan cerita yang biasa aku perdengarkan sejak kecil.
***

Danau Toba ini bisa ditempuh dari Medan dalam waktu sekitar 4 jam menggunakan transportasi darat. Jika dari kota tempat tinggal saya Pematangsiantar hanya menghabiskan waktu 45 menit.
Tempat Wisata di Danau Toba
Banyak tempat wisata yang ada di Danau Toba. Beberapa diantaranya adalah;
  • Tuk-tuk Siadong

  • Gua Sangkal

  • Pulau Tao

  • Rumah Budaya Jangga Dolok

  • Pemandian air panas Pangururan

  • Museum Balige dan Arjuna di Laguboti

  • Taman Eden

  • Pusuk Buhit (Tempat yang diyakini diturunkannya nenek moyang orang batak dari langit ^_^)

  • Pantai Ajibata

  • Tomok

  • Makam Sisingamangaraja

  • Air terjun Sigura-gura yang dibuatkan sebagai PLTA.
  • 1317312446128936825
    Ini dimana hayo? Aku lupa… :/
Ada juga salah satu tempat unik yang terletak di Samosir daerah Boho , Limbong yang dinamakan ‘Aek Sipitu Dai’ . Arti dari ‘Aek Sipitu Dai’ adalah Air Tujuh Rasa. Air yang berasal dari 7 mata air yang mengalir. Air yang digunakan sebagai tempat pemandian orang-orang daerah setempat, digunakan oleh masing-masing status mereka. Contohnya, jika dia masih anak bayi dan belum mempunyai gigi maka akan mandi di Pancuran khusus untuk anak-anak (Pansuran ni dakdanak), begitu seterusnya.
.
.
Si Gale-gale (Cerita Rakyat)
Boneka Sigale-gale - beritaberitaterkini.web.id
Sebuah boneka terbuat dari kayu yang berpakaian lengkap adat batak dan boneka ini akan menari-nari di depan anda. Hihi… Tenang aja, boneka ini digerakkan orang koq. Boneka ini dikenal mistis dahulunya karena cerita asal-muasal boneka ini.
Kisahnya adalah anak dari seorang raja setempat yang meninggal di medan perang. Akan tetapi, raja tersebut tidak iklhas dengan kehilangannya sehingga dia membuatkan sebuah boneka kayu sebagai ganti anaknya. Boneka yang diberi nama Manggale ini menemani sang raja sampai akhir hayatnya. Saat sang raja meninggal dunia terlihat boneka itu menari-nari di samping jenazah sang raja. Oh, My Hot!!!! :(
Masih banyak juga sich cerita rakyat dari Toba ini. Kisah seorang gadis yang melompat bunuh diri ke arah danau toba bersama anjing kesayangannya, dikarenakan dia dipaksa menikah oleh orangtuanya. Kejadian ini dinamakan batu gantung. Di salah satu tebing danau toba maka akan kita lihat sebuah tempat keramat yang ada batu berbentuk manusia menggantung.
Batu Gantung
.
.
Ikan Mas yg diarsik, masakan khas orang batak.
Kuliner
Makanan khas orang batak yang berbahan utama ikan mas tidak dibersihkan sisiknya kemudian dibumbu kuning… ^_^
Hehe, paling enak kalo digoreng lagi. Khan, kalo makan gitu aja masih bau ikan… :p
Itu aku. Kalo yang lain telan-telan aja semua.
.
.
.
Souvenir
Ulos Batak sekarang lebih memiliki macam-macam warna
Ulos Batak ini dikenal sebagai jati diri bangsa Batak sendiri. Banyak jenis Ulos dan memiliki arti sendiri dan fungsinya. Secara harfiah, ulos artinya selimut yang menghangatkan badan. Asal-usulnya dikarenakan dahulu bangso batak tinggal di pegunungan dan cuaca di tanah batak adalah sangat dingin sehingga dibuatlah ulos batak ini sebagai penghangatnya.
Setiap harinya, aku masih bisa melihat ulos ini. Lha, aku khan tinggal di Pematangsiantar (45 menit dari danau toba). Masih sangat kental akan budaya walau zaman semakin moderen. ^_^
Ini apa? —>>>
Ini rumah adat batak. Dahulu rumah suku batak ya kebanyakan kayak gini. Namun, sekarang tergerus jaman maka makin berkurang. Bisa dibilang ini rumah kolong. Ornamen-ornamennya memiliki arti tersendiri. Jumlah tangganya aja ada artinya koq. Kalau genap, berarti dia keluarga pelayan atau kalangan bawah. Kalau ganjil, berarti raja. Lha? Otomatis semua bikin ganjil lakh? Hihihi… Siapa yang mau bikin genap? Apalagi di jaman yang bukan kerajaan kayak gini. Ya ga? ^_^
.
.
Corat-coret:
Huuuaawwwhhh, pokoknya jalani saja Danau Toba itu. Dijamin tak akan rugi sama sekali. Danau Toba bagaikan sebuah surga… Indaaahhhh!!! Megaaahhh!!! Tempat wisatanya, budayanya, makanannya dan banyak macam lagi… ^_^
Mandi-mandi? Boleh. Sebelah mana? Sudut mana? Boleh-boleh aja semuaaaaa!!!! Khan luasnya gak ketolongan. Asalkan pakek baju yakk? Lho? Mau PDT (Pesta Danau Toba)? Boleh, itu mah sekali setahun kalo gak salah Oktober nanti. Uhuyyy…
Yang pasti jika kalian mengunjungi Danau Toba, 45 menit sebelumnya kalian akan melewati rumahku. Lha? Apa hubungannya? Xixixixixixixi…. ^_^
Horasss bah!!!


Sumber:
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/09/30/danau-toba-dengan-segenap-keindahannya
/

No comments:

Post a Comment