Tuesday, June 12, 2012

TobaPulp Fokus Tanam Kakao Di Simalungun


TobaPulp Fokus Tanam Kakao Di Simalungun
17 Maret, 2009 |


PORSEA (Berita): Pemanfaatan dana community development (CD) TobaPulp periode 2006 ke Simalungun senilai Rp 473,1 juta fokus untuk meningkatkan pertanian kakao masyarakat dan secara simblolis diterima oleh penduduk di tiga dusun dalam bentuk bibit, Selasa [10/03] pekan lalu.

Humas PT TobaPulp Tbk Chairuddin Pasaribu dalam siaran persnya mengatakan Kabupaten Simalungun sejak lama dikenal sebagai lokasi perkebunan besar milik negara dan swasta dengan hasil utama kelapa sawit, kakao (coklat) dan juga teh. Perkembangannya sedemikian rupa sehingga masyarakat petani-pun dapat ikut mengembangkannya secara mandiri.

Melalui program CD atau pemberdayaan masyarakat, TobaPulp, industri pulp di Parmaksian, Tobasamosir, ikut pula mendorong pengembangannya melalui bantuan bibit dan juga pelatihan. Program itu dibiayai dana CD hasil penyisihan penjualan bersih (net sales) pulp setiap tahun yang didistribusikan ke delapan kabupaten wilayah kerja perusahaan dan Simalungun salah satu diantaranya.

Sejak 2003 hingga 2007 kabupaten ini memperoleh alokasi dana CD TobaPulp sebesar Rp2,74 miliar, tetapi dana CD periode 2007 sebesar Rp767,1 baru akan dikucurkan kemudian, setelah pemanfaatan dana perode 2006 rampung dan dipertanggungjawabkan.

Dalam bentuk cash, dana CD 2006 ditransfer 26 Pebruari lalu ke rekening yang ditunjuk Bupati Simalungun dan disetujui tim independen (TI) pimpinan ekonom Polin LR Pospos PhD. Hanya, pembagiannya secara simbolis kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk penyerahan 30 ribu bibit kakao oleh Kepala CSR (corporate social responsibility) TobaPulp, Lambertus Siregar di desa Tanggabatu, Kecamatan Hatonduhan, Simalungun.

Bibit sebanyak itu diperuntukkan bagi petani tiga dusun: Dolokjawa, Saribulaksa dan Hatonduhan. Hadir pada acara penyerahan itu para pelaksana lapangan pengelola dana CD, yakni Robert Sipayung SHut, Lopensiun Silalahi, Midian Sirait dan Muklis Silalahi. Mereka berada dibawah koordinasi Ir Mahrum Sipayung MSi, Sekretaris Kabupaten, yang mengendalikan pengelolaan dana CD TobaPulp itu sejak 2003, ketika ia masih menjabat Kadis Kehutanan Kabupaten.

Juga ikut menghadiri acara, Kepala Nagori Tanggabatu Manahan Pasaribu, Suparmo (Kepala Dusun Jawadolok), Japaham Damanik (Sekretaris Kelurahan Sipolha), Marudin Sidabutar (Kepala Dusun-II Dolokmaraja) serta Jaiman Silalahi (Kepala Dusun-III Hutabolon) Dari TobaPulp hadir staf Humas Rudy H Panjaitan, Ramson Simamora dan Raja Fandoli S.

Penerima bantuan itu mewakili masyarakat, A Siallagan alias Ama Mei warga dusun Jawadolok, melukiskan rasa terima kasih terhadap apa yang dilukiskannya ”kepeduliannya nyata TobaPulp.” Mewakili semua penerima bantuan bibit ia kemudian berjanji mengurus tanaman coklat mereka itu secara sungguh-sungguh hingga menghasilkan pada usia tiga tahun. ”Setelah tiga tahun, bantuan ini benar-benar akan menopang perekonomian kami,” katanya.

Lambertus Siregar menyebut program CD TobaPulp sebagai ”wujud solidaritas antar sesama anak bangsa” sekaligus sebagai upaya nyata perusahaan merealisasikan mottonya: ”Tumbuh dan Berkembang bersama Masyarakat.” (rel/wie)


Sumber:
http://beritasore.com/2009/03/17/tobapulp-fokus-tanam-kakao-di-simalungun/

No comments:

Post a Comment