Friday, June 8, 2012

Oles Pakpak Ditargetkan Mampu Bersaing di Pasar Nasiona


Oles Pakpak Ditargetkan Mampu Bersaing di Pasar Nasional

OLES: Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu melihat pengrajin oles.
SUMUT POS / TAMBA TINENDUNG
OLES: Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu melihat pengrajin oles.
PAKPAK BHARAT- Oles (ulos) yang dihasilkan pengrajin tenun asal Kabupaten Pakpak Bharat ditargetkan dapat bersaing di pasar nasional. Karena Oles yang dimaksud bernuansa khas Pakpak merupakan produk tenun dengan motif yang baru dan hasil kreatif dari pelatihan tenun lanjutan yang diprakarsai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pakpak Bharat.
Demikian disampaikan Ketua Dekranasda Kabupaten Pakpak Bharat Ny Made Tita Kusuma Dewi, Rabu (23/5) saat penutupan pelatihan tenun lanjutan, yang digelar selama 14 hari di Gedung Workshop Desa Traju, Kecamatan Siempat Rube, Kabupaten Pakpak Bharat bekerjasama dengan Desainer Nasional Merdi Sihombing.
Pada pelatihan tenun lanjutan tersebut, para pengrajin dikelompokkan pada tiga bagian yakni Menghani, Gedogan dan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Dari pelatihan yang dimaksud sebanyak enam oles selesai ditenun dengan kreatif warna baru dan nantinya akan dipasarkan untuk melestarikan kebudayaan turun-menurun.
Sementara itu Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando berpesan kepada para pengrajin tenun yang telah dilatih diharapkan dapat berhasil kedepannya untuk meningkatkan dan memajukan budaya tenun oles di daerah ini. “Oles merupakan salah satu kebudayaan Pakpak yang telah turun-menurun yang harus dilestarikan. Dan pelatihan ini, nantinya dapat meningkatkan pendapatan bagi para pengrajin tenun,”tandas Remigo.(mag-14)

Sumber:

No comments:

Post a Comment