Tuesday, June 5, 2012

Hutan Taman Eden 100


Hutan Taman Eden 100


Dok. DetikTravel

Dok. DetikTravel

FOTO SELENGKAPNYA:




Hutan Taman Eden 100 berada di Desa Lumban Rang-Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Hutan ini berfungsi untuk menangkar dan melestarikan jenis anggrek spesies baik dalam, maupun di luar Hutan Taman Eden.
Luas taman ini hampir 1000 hektar yang digagas mulai tahun 1999. Berbagai jenis flora dan fauna tersedia di sini. Nama Taman Eden sendiri menggambarkan bahwa manusia, tanaman, dan mahluk hidup lainnya hidup rukun dan damai. Sementara, angka 100 menggambarkan adanya seratus jenis tanaman di taman tersebut.
Tadinya, Hutan Taman Eden merupakan daerah yang tandus dan gersang. Akan tetapi berkat polesan dari tangan putera daerah, Marandus Sirait, yang melakukan penataan dan penghijauan kembali dengan berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan, kini kawasan ini menjadi hamparan hijau yang sangat menarik.
Hutan Taman Eden juga memiliki daya tarik yang lain, air terjun 2 tingkat yang berada 500 meter dari posko, air terjun 7 tingkat (Air Terjun Gantung Rimba) sejauh 11 km dari posko, dan air terjun di mulut Gua Kelelawar, 5 km dari posko. Untuk bisa sampai di sana, kita harus melewati jalan setapak dengan berbagai rintangan dengan kondisi jalan yang naik-turun.
Di tempat ini, kita juga dapat menikmati santai di Rumah Tarzan yang berada di atas pepohonan sambil memandang keindahan alam di sekelilingnya. Lokasi ini juga menjadi tempat penangkaran anggrek Danau Toba.
Ada keunikan yang dimiliki oleh tempat wisata agro ini, setiap pengunjung yang ingin menanam pohon, disediakan bibit untuk ditanam. Bibit yang ditanam nantinya akan diberikan label yang akan tertulis nama dan asal pengunjung.
Untuk dapat menikmati kawasan hijau ini, Anda cukup menempuh perjalanan selama 3,5 jam dari Kota Medan. [Dicky Ardian]
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Sumatera Utara
Jln. Jend. Ahmad Yani No. 107, Medan 20111
Telepon : (061) 4528436
Faksimile: (061) 4578594, 4258253
Website : http://sumateratourism.com
Email      : sumatera_tourism@yahoo.co.id

Sumber:

No comments:

Post a Comment