Monday, November 10, 2014

Kisah Letjen (Purn) Djamin Ginting, Komandan Perang yang Gigih dari Karo

Jumat, 07/11/2014 17:34 WIB

Pahlawan Nasional

Kisah Letjen (Purn) Djamin Ginting, Komandan Perang yang Gigih dari Karo

Hardani Triyoga - detikNews
foto ; istimewa
Jakarta - Letnan Jenderal (Purn) Djamin Ginting merupakan tokoh pejuang kemerdekaan di tanah Sumatera. Putra asli Karo, Sumatera Utara ini memiliki peran besar dalam membantu perjuangan bangsa dari penjajahan Belanda.

Dikutip dari berbagai sumber, Djamin adalah sosok jenderal yang cerdas dan berani mengambil keputusan. Purnawirawan bintang tiga ini lahir di Karo, Sumatera Utara, 12 Januari 1921. Dia meninggal di Ottawa, Kanada, 23 Oktober 1974.

Dalam karir militernya, Djamin punya catatan cemerlang untuk memperjuangkan tanah kelahirannya dari upaya penjajahan. Beberapa jabatan mulai dari Kepala Staf Kodam II/Bukit Barisan hingga Komandan Resimen IV pernah dilakoninya.

Mengawali karir sebagai tentara, Djamin pertama masuk lebih dulu ke dalam Pembela Tanah Air atau (PETA). Dia juga pernah menjadi salah seorang tokoh militer di zamannya yang ikut mendirikan terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat.

Selaku komandan di medan perang, dia memiliki semangat dan pola pikir yang harus ditanamkan kepada pasukannya agar tidak mudah tergeser dari Karo. Baginya, wilayah Sumatera Utara terutama Karo tidak boleh dikuasai Belanda. Tidak mengherankan saat itu pasukan di bawahnya bisa memunculkan sejumlah tentara yang menjadi pelopor pejuang melawan penjajah di Tanah Sumatera. Sebut saja Kapten Mayor Rim Rim Ginting dan Kapten Selamet Ketaren.

Djamin juga punya catatan penjuangan melancarkan operasi bukit barisan untuk menghadapi pergerakan pemberontak Nainggolan di Medan. Begitu pensiun dari militer, dia menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kanada.

Presiden Joko Widodo siang tadi menyematkan gelar pahlawan nasional terhadap empat orang yang salah salah satunya adalah Djamin Nasution. Selain Djamin, terdapat Sukarni Kartodiwirjo, Mohammad Mangoendiprojo dan Abdul Wahab Chasbullah. Penghargaan ini diterima oleh perwakilan keluarga.

(hat/erd)

Sumber
http://news.detik.com/read/2014/11/07/173412/2742311/10/kisah-letjen--purn--djamin-ginting-komandan-perang-yang-gigih-dari-karo

No comments:

Post a Comment