Tuesday, November 11, 2014

5 Air Terjun Yang Wajib Dikunjungi Selama di Sumut

5 Air Terjun Yang Wajib Dikunjungi Selama di Sumut


Berbicara mengenai pariwisata di Sumatera Utara tidak hanya berbicara tentang keindahan Danau Toba atau duriannya yang lezat. Ada begitu banyak keindahan yang bisa travelers jelajahi, salah satunya adalah air terjun. Tak tanggung-tanggung, ada 7 air terjun yang layak anda kunjungi karena keindahannya. Yuk, cari tahu apa dan dimana saja.
1. Air Terjun Mbilulu
Air terjun ini terletak di desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Barat, memiliki kekayaan flora yang masih asri. Sesampainya di lokasi, travelers akan terpukau oleh air terjun kembar yang begitu indah dengan ketinggian sekitar 12 m. Meski masih minim fasilitas, air terjun ini ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun dari daerah lain.
Image : pakpakblog
2. Air Terjun Murshala
Murshala adalah sebuah pulau di Kabupaten Tapanuli Utara, dengan ibukota Sibolga. Keunikannya terletak pada air terjun yang jatuhnya langsung ke laut. Selain pulaunya yang memang sangat indah, tempat ini pun cocok untuk wisata bahari snorkeling dan diving.
Image : northsumatera.info
3. Air Terjun Dwi Warna
Nama dwi warna ini berasal dari warna air terjun sendiri, yakni biru dan putih. Kedua warna ini disebabkan oleh larutan fosfor belerang dari tebing bebatuan. Perpaduan ini berhasil menyuguhkan keunikan dan eksotisme yang sangat indah. Selain itu, air terjun disini terdapat dua buah dan saling berdekatan. Uniknya, keduanya memiliki temperatur yang berbeda, ada yang airnya sangat dingin dan adap pula yang hangat.
Image : yassiregar.blogspot
4. Air Terjun Sigura-Gura
Terletak sekitar 250 km dari Medan, Air Terjun Sigura-Gura dihasilkan oleh Sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba. Air terjun ini memiliki ketinggian 250 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Air Sungai Asahan pun kerap dijadikan obyek wisata arung jeram sepanjang 22 km. Selain itu, Air Terjun Sigura gura pun menjadi salah satu tonggak kehidupan masyarakat karena aliran airnya digunakan sebagai penggerak utama generator.
Image : dedektoruz.blogsptot
5. Air Terjun Sipiso-Piso
Air Terjun
Sipiso-Piso merupakan salah satu obyek wisata andalan Provinsi Sumatera Utara dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo, lokasi air terjun ini tidak jauh dari Danau Toba. Berada di ketinggian 800 meter dapl, air terjun ini mengalir melalui sebuah gua disisi kawaeh Danau Toba. Air terjun yang keluar dari gua ini mirip “piso” yang berarti pisau, karena itu dinamakan Air Terjun Sipiso-Piso.
Image : liburanwisata
Traveler pecinta alam khususnya air terjun, jangan lewatkan kunjungan ke 7 air terjun yang indah ini ya kalau jalan-jalan ke Medan. Agar bisa mengunjungi semuanya, sewa saja penginapan murah dari ahlinya hotel rajakamar.com, banyak pilihan hotel murah di Medan.
(berbagai sumber)

Sumber:
http://content.rajakamar.com/5-air-terjun-yang-wajib-dikunjungi-selama-di-sumut/

No comments:

Post a Comment