Sunday, November 16, 2014

Dua Perusahaan Tambang Lakukan Ekplorasi Kadar Emas di Taput

Dua Perusahaan Tambang Lakukan Ekplorasi Kadar Emas 

di Taput

Selasa, 6 Mei 2014 | 11:53:39


Tarutung (SIB)- Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Alkari Purba mengakui, saat ini ada dua perusahaan tambang sedang melakukan eksplorasi dan meneliti kadar emas di tiga kecamatan di Taput yakni, Kecamatan Pahae Julu, Pahae Jae dan Purba Tua.

“Saat ini kita memberikan izin kepada dua pengusaha tambang mengeksplorasi dan meneliti kualitas dan kadar emas. Daerah yang saat ini dilakukan eksplorasi berada hanya berlokasi di tiga kecamatan saja,” ujar Alkari kepada SIB, Senin, (5/5).

Dijelaskan, dari tiga lokasi yang diteliti itu belum bisa dipastikan berapa besar kapasitas kadar emas dan usianya.

“Belum bisa dipastikan kapasitas dan usia, karena masih tahap pengeboran lokasi yang mengandung kadar emas,” ucapnya.

Alkari juga menjelaskan, dalam penelitian itu, pihaknya masih sebatas memberikan izin eksplorasi dan belum ada membicarakan terkait tindaklanjut berikutnya, termasuk menyangkut pembagian hasil produksi ketika emas tersebut sudah bisa diproduksi.

“Kita masih kerjasama eksplorasi, dan belum ada membicarakan menyangkut tindaklanjut berikutnya,” jelasnya.

Terkait batas waktu kapan selesai eksplorasi dan penelitian itu, Alkari belum bisa memastikan. ”Belum bisa dipastikan kapan selesai, karena masih banyak yang masih mereka lakukan uji coba  eksplorasi,” katanya. Tidak diperoleh informasi rinci soal kedua perusahaan tambang tersebut. (A20/f)


Sumber:
http://hariansib.co/mobile/?open=content&id=13712

No comments:

Post a Comment