Monday, November 10, 2014

Djamin Ginting, Pahlawan Nasional Asal Tanah Karo

Djamin Ginting, 

Pahlawan Nasional Asal Tanah Karo  

Djamin Ginting, Pahlawan Nasional Asal Tanah Karo   
Foto repro alm. Letjen TNI (Purn) Djamin Gintings, tokoh dari Sumatera Utara yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional Tahun 2014 oleh Pemerintah RI, di Istana Negara, Jakarta, 7 November 2014. Djamin Ginting, lahir di Karo, Sumut, 12 Januari 1921 dan wafat di Ottawa, Kanada, 23 Oktober 1974 pada umur 53 tahun, beliau adalah pejuang kemerdekaan yang menentang pemerintahan Hindia Belanda, beliau juga seorang petinggi TNI yang berhasil menumpas pemberontakan Nainggolan di Medan pada April 1958. ANTARA/Widodo S. Jusuf
TEMPO.CO, Jakarta - Momen peringatan Hari Pahlawan 10 November digunakan pemerintah untuk mewujudkan penghargaan kepada pejuang kemerdekaan. Presiden Joko Widodo menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada empat pejuang kemerdekaan pada Jumat, 7 November 2014. Satu di antaranya adalah almarhum Letnan Jenderal Djamin Ginting. (Baca:Empat Tokoh Dianugerahi Gelar PahlawanNasional)

Djamin dianggap banyak berkontribusi bagi negara dalam penumpasan gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia. Djamin lahir di Karo, Sumatera Utara, 12 Januari 1921. Setelah menamatkan pendidikan sekolah menengah, Djamin berpartisipasi di pendidikan militer bentukan Jepang, Heiho. Djamin berpartisipasi dalam penumpasan gerakan DI/TII di Aceh pimpinan Daud Beureuh. Bersama pasukan dari Sumatera Tengah dan Aceh, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia berhasil membasmi gerakan ekstremis tersebut.(Baca:Selamat Hari Pahlawan Jadi Trending Topic Dunia)

Selain menumpas DI/TII, Djamin juga dikenal sebagai pejuang Tanah Karo, Sumut. Djamin pernah menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer II/Bukit Barisan, satuan yang dia pelopori. Kodam II/Bukit Barisan--sekarang menjadi Kodam I/Bukit Barisan--merupakan komando kewilayahan pertahanan yang meliputi Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Djamin juga banyak terlibat di perang-perang besar yang pernah terjadi di Indonesia, seperti Medan Area. Di pertempuran Medan Area, Ginting berujuan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan pasukan sekutu dan Belanda yang mencoba mengambil alih Indonesia setelah Jepang menyerah pada 1945.(Baca:Veteran Yogya Peringati Hari Pahlawan di Rumah)

Pada masa Orde Baru, Djamin diberi kepercayaan sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kanada. Di sana pula Djamin menutup usianya, pada 23 Oktober 1974, saat berusia 53 tahun. Putra Batak ini meninggalkan satu istri dan lima anak.

Djamin adalah pahlawan nasional ketujuh dari Sumatera Utara setelah T. Muhammad Hasan, Sisingamangaraja, Adam Malik, Abdul Haris Nasution, Kiras Bangun, dan F.L. Tobing. Saking besarnya jasa Djamin di Sumatera Utara, Pemerintah Kota Karo mengabadikan namanya pada satu jalan. Begitu pula Pemerintah Kota Medan, yang menamai salah satu jalan layangnya Djamin Ginting.


ANDI RUSLI


Sumber:
http://www.tempo.co/read/news/2014/11/10/078620803/Djamin-Ginting-Pahlawan-Nasional-Asal-Tanah-Karo

No comments:

Post a Comment