Tuesday, November 11, 2014

Air Terjun Lau Balis di Sumut, Cantik Banget!

Air Terjun Lau Balis di Sumut, Cantik Banget!

liahandayani - d'Traveler - Selasa, 05/02/2013 11:15:00 WIB

detikTravel Community -  

Selain Danau Toba, masih ada lagi kecantikan alam milik Sumatera Utara, yaitu air terjun Lau Balis di Langkat. Kecantikannya dijamin membuat setiap mata memandang tidak akan berkedip.


Air terjun Lau Balis adalah rahasia alam yang tersimpan rapi dan luar biasa di Langkat, Sumatera Utara. Bahkan, mungkin tidak ada yang pernah berkhayal ada air terjun mengalir dengan anggun di sana.

Kalau bicara wisata alam di Indonesia tidak akan ada kata tamat, karena semua begitu indah diciptakan Tuhan untuk Tanah Air Indonesia. Menikmati alam bebas dengan aliran air terjun dan sungai yang mengalir dengan anggun, membuat mata dan tubuh dimanjakan dengan pertunjukan alam dari Tuhan.

Lau Balis adalah salah satu pertunjukan alam tersembunyi. Air terjun yang memiliki nama lain air terjun Tongkat ini adalah sebuah air terjun yang mengaliri Sungai Sei Bingai. Airnya bermuara ke Selat Malaka.

Disebut air terjun Tongkat, karena dari bibir air terjun ada kayu besar yang berdiri menyandar. Menurut masyarakat sekitar, diperkirakan sudah lebih dari 20 tahun kayu tersebut menyandar di sana.

Air terjun ini letaknya di Desa Rumah Galo, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Untuk menuju Desa Rumah Galo ini harus ditempuh selama lebih kurang 3 jam menaiki sepeda motor.

Jika berangkat dari Kota Medan, turis bisa melewati Kota Binjai lalu belok ke kiri dari samping Binjai Supermall. Perjalanan akan terus menanjak selama lebih kurang 1 jam.

Menuju air terjun Lau Balis ini saja, saya merasa telah menempuh lebih dari 2 kilometer. Perjalanan ini dilakukan dengan berjalan kaki menuju arah hulu, atau sekitar 2 jam lebih hingga tiba di lokasi air terjun.

Perjalanan menuju air terjun tergolong luar biasa. Karena itu, dibutuhkan pemandu untuk membantu selama perjalanan. Jika tertarik, mungkin turis bisa meminta bantuan dari penduduk lokal yaitu Bang Wanda (ponsel: 085370542438). Untuk biaya sewa guide ini perorangnya dikenakan biaya Rp 30.000.

No comments:

Post a Comment