Friday, June 8, 2012

Pakpak Bharat Adakan Sosialisasi Gerakan Bangkit PERTAKI


Pakpak Bharat Adakan Sosialisasi Gerakan Bangkit PERTAKI

Pakpak Bharat,BN-Kegiatan sosialisasi gerakan bangkit PERTAKI merupakan upaya masyarakat Pakpak Bharat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berbudaya dan Agamais. Tujuan gerakan bangkit pertaki adalah mengangkat kembali tradisi leluhur yang begitu bermakna dan bermartabat pada dahulu kala di dalam kehidupan masyarakat Pakpak.

Dalam rangka mensukseskan program Pemerintah Pakpak Bharat menuju masyarakat yang sejahtera (Nduma) tersebut, yang salah satunya membangkitkan kembali seni budaya suku Pakpak, dengan ini Gerakan Bangkit PERTAKI (Pertanian Tangguh Komersil Industri) dengan tujuan merubah cara pikir masyarakat Pakpak Bharat untuk mengenal budaya suku sendiri dengan diiringi pertanian yang tangguh komersil dan industri.

Acara bangkit PERTAKI ini dibuat dan digagasi dari kepala BP4K Kabupaten Pakpak Bharat Makner Banurea yang diselenggarakan di lapangan bola kaki Tinada Kecamatan Tinada pada Rabu (1/2) lalu.
Makner Banurea menyampaikan, melalui simbol PERTAKI ini mari suku Pakpak kita bangkit untuk semakin lebih baik, sejahtera/nduma, bangkit melalui pertanian yang tangguh yang mengangkat budaya suku Pakpak yang berkareakter pemberani, tangguh dan siap berperang melawan zaman, berperang dari keterpurukan.

Dalam acara tersebut, tokoh adat, agama dan masyarakat sebanyak lima orang yaitu Mustri Solin, Gayus Sinamo, Budi Arti Solin, Marison Solin (Kades Tinada), S. Lian Sinamo (Camat Tinada) memberikan cendramata berupa kain sarung yang dalam adat pakpak satu lembar Oles kepada Pemerintah Pakpak Bharat dalam hal ini Bupati Pakpak Bharat Remigo Y Berutu, Wakil Bupati Maju Illyas Padang, Dandim 0206 dan salah satu anggota DPRD Pakpak Bharat.
Bupati Pakpak Bharat Remigo Y Berutu menyampaikan, “hari ini kita berkumpul untuk menyajikan apa itu “PERTAKI” didalam kebudayaan Pakpak, saya bangga dengan budaya Pakpak, ucapnya, dimana jaman dahulu PERTAKI itu adalah orang-orang yang tangguh, seorang yang mau berkorban untuk orang-orang yang ada disekelilingnya, juga panutan, tegas dan berani mengambil keputusan. Inilah nilai dari pada PERTAKI tersebut, tegas Bupati. Oleh karena itu, tambahnya, marilah kita hidupkan kembali nilai-nilai dari PERTAKI ini, jangan ada iri dan dengki sesama kita. Mari kita menumbuh kembangkan jiwa kita seperti PERTAKI, kata Bupati.

Kegiatan dihadiri Bupati Remigo Yolando Berutu, Wakil Bupati Maju Ilyas Padang, Anggota DPRD Midun Angkat, Asisten II Sustra Ginting, para pimpinan SKPD Pakpak Bharat dan peserta dari lima Kecamatan (Tinada, Siempat Rube, Kerajaan, STTU Jehe dan Pagindar), juga hadir dari Tokoh Agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pemuda tani, tokoh perempuan serta cendikiawan. (pb.007/tim)

Sumber:

No comments:

Post a Comment