Friday, June 8, 2012

Oleh-oleh / Souvenir Simalungun Kain Ulos Khas Suku Simalungun


Oleh-oleh / Souvenir Simalungun Kain Ulos Khas Suku Simalungun



Ulos Simalungun

            
Kain Ulos Kain Ulos. Ulos Ulos Simalungun 

Ulos    Kain Ulos.

Kain Ulos Ulos Simalungun


Kain Ulos Khas Suku Simalungun-Sumatera Utara, dan merupakan salah satu kerajinan tradisional Simalungun yang sangat terkenal Dahulu, kain ini hanya digunakan sebagai selendang dan sarung untuk pasangan kebaya, namun pada saat ini telah mengalami modifikasi sehingga lebih menarik dan bernilai ekonomis, misalnya dijadikan sebagai produk suvenir Jas/rompi dan lainya.

Kain yang diproduksi secara home industry ini cara pembuatan dan alatnya masih tradisional yang ditenun oleh penenun penenun suku simalungun sambil duduk dengan penuh kesabaran untuk menghasilkan sebuah kain ulos yang indah dan artistik.

Bagi suku simalungun, kain ini kerap digunakan untuk acara adat, pernikahan, dan ada beberapa jenis kain ulos simalungun yang letak pemakaiannya juga sudah punya tempat masing,masing, dimana ada yang di ikatkan di pinggang, iletakkan di dagu, di ikatkan di kepala.

Kain Ulos ini banyak ditemui di Kota pematang Siantar, Sumatera Utara, dan Harganya Mulai dari Ratusan Hingga Jutaan Rupiah, tergantung, hasil tenunan dan Bahan/benang yang digunakan untuk pembuatan kain tersebut.

Kain dan Selendang Tenun Simalungun

Kain dan Selendang Tenun Simalungun


Sumber:

No comments:

Post a Comment