Wednesday, June 13, 2012

Kuliner Mandailing


Kuliner Mandailing

Makanan di Mandailing turut memberikan ciri khas etnis ini. Makanan bukan sekedar kebutuhan fisik tetapi juga memainkan peranan dalam konteks budaya yang luas. Berikut adalah makanan yang dianggap khas untuk etnis Mandailing, walaupun tidak tertutup kemungkinan ada di kehidupan etnis lain:
MAKANAN UTAMA:
Daun ubi tumbuk (foto kiriman Rian, 31/07)
Sambal Tuktuk (foto kiriman Rian, 13/08)
Gulai Ikan Sale bersama kentang (02/10/11)
  1. Ikan Sale, sering dijadikan guyonan dengan berbagai iklan sale di negara tetangga (Singapura dan Malaysia). Bahan utamanya adalah ikan sale berukuran sedang dengan bumbu-bumbu: kunyit, jahe, daun serei, bawang merah, bawang putih, santan kelapa, lengkuas, cabai merah, asam potong, kemiri, daun kunyit dan garam seperlunya.
  2. Gulai Ikan Mas, gulai ini sangat populer di Mandailing dan dibuat dengan merebus ikan mas bersama santan. Bumbu-bumbu: bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah, serai, lengkuas, jeruk nipis, jahe, daun jeruk, daun salam dan garam.
  3. Ikan Mas Arsik,
  4. Sambal Ikan Haporas,
  5. Sambal Belut,
  6. Gulai Belut,
  7. Daun Ubi Tumbuk, 
  8. Sambal Udang Kecepe (baring), sering disebut sebagai udang rebon dengan bumbu: cabe merah, bawang merah, bawang putih, gula merah dan garam. 
  9. Gulai Petai, bahan utamanya petai yang masih muda.
  10. Sambal Tuk-tuk, bahan utamanya adalah ikan asin dan ikan teri tanpa kepala. Bumbunya: jeruk nipis, minyak kelapa (untuk menumis), cabe merah, bawang merah, garam dan gula pasir. Sambal Tuk-tuk umumnya dijadikan saus untuk "dicolek" dengan sayuran rebus seperti daun ubi.   
  11. Gulai Ikan Teri, dimasak memakai santan dengan bumbu: cabe merah, cabe kering, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serei, kunyit, daun kunyit dan parutan kelapa (untuk santan).
  12. Gulai Pisang,
  13. Asam Padeh Ikan Mas,
  14. Keripik Kentang,
  15. Gulai Rebung,
  16. Gulai Jengkar (Bunga pepaya),
  17. Gule Pau (Pakis), 
  18. Gule Boyom Bulung Gadung (Pepes Daun Ubi),
  19. Gulai Telor Arsik, 

MAKANAN KUDAPAN (JAJANAN)
:

Toge Panyabungan
(foto kiriman Rini, 17/08/2011)
  
Alame (dodol) masih di
dalam bungkus (daun
pandan)
Alame (dodol) setelah dipotong dan
siap diniikmati (foto kiriman Rian 08/09/11













  1. Toge Panyabungan, sangat digemari terutama untuk berbuka puasa. Tidak ada hubungan dengan istilah toge (sayuran). Bahannya terdiri atas tape ubi, ketan hitam, candil, cendol, lupis dengan tambahan santan dan gula aren. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan makanan ini. 
  2. Lomang (lemang),
  3. Anyang Pakis,
  4. Kipang Pulut,
  5. Alame (dodol),


Sumber:

No comments:

Post a Comment