Tuesday, June 12, 2012

Kopi Takar Khas Mandailing Natal



Kopi Takar Khas Mandailing Natal

Posted: November 29, 2009 in Berita Sumut, Ragam Seni Budaya, Sipanganon-Makanan, Sumatera Utara Tags: Aek Godang, aroma kopi, Desa Pakantan, gula aren, kedai kopi, Kopi Arabica, Kopi Takar, kulit kayu manis, Mandailing Natal, penikmat kopi, Penyabungan, racikan kopi, sitorus, Sumatera Utara, susu kental manis, tempurung kelapa 1
Sumber: Mailing List Batak Gaul-Yahoogroups

Kutipan email: Jhonny SITORUS



Liputan6.com, Mandailing Natal: Anda penikmat kopi sejati? Nampaknya kegemaran Anda belum lengkap rasanya jika belum menikmati kopi takar khas Mandailing Natal, Sumatra Utara. Penyajian kopi ini tergolong sederhana namun unik karena wadahnya berasal dari tempurung kelapa dan sendoknya diolah dari kulit kayu manis.

Untuk menikmati secangkir kopi tersebut, Anda bisa memperolehnya di sebuah kedai kopi sederhana di Jalan Aek Godang, Panyabungan, Mandailing Natal. Setiap pagi, tempat tersebut selalu ramai didatangi sejumlah orang penikmat kopi asli takar.

Pemilik kedai kopi, Farida pun selalu terlihat sibuk menyiapkan racikan kopi untuk para pelanggannya. Sekilas kopi tersebut tidak jauh berbeda dengan kopi biasa, namun penyajiannya yang unik itulah yang membuatnya menjadi khas.

Untuk secangkir kopi, Farida biasa menggunakan bahan kopi Arabica yang diperoleh dari Desa Pakantan, Mandailing Natal. Selanjutnya kopi Arabica itu diberi campuran gula aren dan sedikit susu kental manis. Yang membuat penikmatnya ketagihan adalah kayu manis sebagai sendok pengaduk kopi. Dengan kombinasi kayu manis itu, aroma kopi menjadi terasa berbeda.

Nah, bagi Anda penikmat kopi sejati, sudah saatnya mencoba menu kopi spesial ini. Harga satu porsi kopi takar Rp 3.000. Jadi selamat mencoba.

Kutipan asli: Liputan6 dot com
http://batakgaul.wordpress.com/2009/11/29/kopi-takar-khas-mandailing-natal/

No comments:

Post a Comment