Tuesday, June 12, 2012

Komoditas Hortikultura Simalungun Diekspor ke Singapura


Komoditas Hortikultura Simalungun Diekspor ke Singapura

Simalungun. Dinas Pertanian Pemkab Simalungun berencana melakukan ekspor kentang, kubis atau kol terong secara besar-besaran ke Singapura mulai Juni 2012 nanti. Kepada wartawan, Kadis Pertanian Pemkab Simalungun, Amran Sinaga, Minggu  menjelaskan, pihaknya telah melakukan beberapa negosiasi dengan AESBI (Asosiasi Ekspor Sayur Buah Indonesia).

Dikatakannya, selama tahun 2012, pihaknya telah tiga kali melakukan negoisasi dengan Ketua AESBI Komar Wibowo terkait rencana ekspor besar-besaran ketiga komoditas hortikultura ini. Negoisasi pertama dan kedua dilakukan di Bandung pada Januari lalu dan negoisasi ketiga di Brastagi pada Februari lalu.

Hasil negosiasi, AESBI sepakat untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Simalungun. AESBI kemudian menunjuk PT Alamanda Bandung sebagai pihak yang akan mengurus masalah ini. "Kita berharap dalam waktu dekat sudah bisa ditandatangi MoU (kesepakatan) dengan PT Alamanda. Sehingga nanti pada Juni, ekspor besar-besaran tiga komoditi ini sudah bisa kita lakukan ke Singapura," ungkapnya.

Dikatakannya, sebagai syarat melaksanakan ekspor ini, berbagai hal akan dibenahi terhadap tiga komoditas ini. Yang utama, pembenahan packing atau kemasan. Ketiga komoditas yang akan diekspor akan dikemas dalam bentuk modern sehingga tidak gampang rusak.

"Packing house atau rumah kemasan akan kita bangun di Saribu Dolok. Begitu juga screen house atau tempat pembenihan akan kita bangun di tempat itu juga. Untuk komoditas kentang, jenis G nol (G0) yang akan kita kembangkan di Simalungun. Kentang G0 ini identik dengan kentang berukuran kecil," ujarnya lagi.

Sementara  kubis, kata Amran, sesuai permintaan dari AESBI, kubis yang akan dikirimkan nantinya berupa kubis berukuran tertentu. Dikatakannya, untuk mempersiapkan rencana ekspor ini, dibutuh dua staf yang bisa memberikan penyuluhan kepada petani di Saribu Dolok untuk bisa memahami apa yang dinginkan AESBI. Dua penyuluh ini akan memberikan pemahaman kepada petani. Namun sebelumnya mereka akan menjalani training di Bandung.

Selanjutnya,  Amran menjelaskan,   jenis terong yang diinginkan AESBI berupa terong hijau berukuran sedang. "Kita berupaya meningkatkan kesejehteraan para petani di Simalungun. Kita juga sudah sepakati harga dengan PT Alamanda. Harga beli kepada petani untuk tiga komoditi ini yaitu kentang Rp3.500 per kg, kubis Rp1.000 per kg dan terong Rp2.500 per kg," jelasnya.

Menurut Amran, eskpor ke Singapura ini bukanlah yang pertama kali mereka kerjakan. Hanya saja, tahun lalu, ekspor kentang saja yang dilakukan ke Singapura dan jumlah ekspornya saat itu terbatas. "Tahun lalu, ekspor kentang kita ke Singapura sekitar 100 ton saja.

Untuk terong dan kubis belum kita lakukan. Kita akan melakukan ekspor besar-besaran tahun ini, untuk jumlah sekali eskpor akan kita tetapkan pada saat MoU dengan PT Alamanda," tambahnya. ( jannes silaban)(MedanBisnis)


http://beritasimalungun.blogspot.com/2012/04/komoditas-hortikultura-simalungun.html

No comments:

Post a Comment